blog-indonesia.com

Senin, 02 Januari 2012

Tahun Baru, Lonjakan Trafik Data Telkomsel-XL Hampir 300%

Jakarta - Dibandingkan layanan voice dan pesan singkat, akses data paling terasa lonjakannya ketika pergantian malam tahun baru lalu. Bahkan ada operator yang trafik datanya sampai melonjak hampir 300%.

Operator yang dimaksud adalah Telkomsel dan XL Axiata. Untuk Telkomsel, lonjakan akses data yang hampir 300% itu didasarkan dengan membandingkan trafik saat Tahun Baru 2012 dengan tahun sebelumnya.

Di mana kenaikan yang diraih adalah 280,4% atau setara dengan 213 terra bytes. Layanan ini meningkat hampir 100% dibandingkan dengan pemakaian di hari normal 2011.

Trafik layanan data tertinggi terjadi di wilayah Jabodetabek dengan 60,6 terra bytes. Sejalan dengan tingginya pemakaian layanan data, layanan MMS Telkomsel juga mengalami peningkatan trafik 2,58 juta MMS atau naik sebesar 1,5 kali lipat dibandingkan dengan hari normal.

Adapun layanan dasar komunikasi (voice dan SMS) juga mengalami lonjakan, dimana trafik voice meningkat hingga 1,99 miliar menit (naik 112,6% dibanding trafik di hari normal). Trafik SMS meningkat hingga 1,82 miliar SMS (naik 136%).

Trafik layanan SMS tertinggi terjadi di wilayah Jabodetabek (693 juta SMS). Wilayah Indonesia Timur (Sulawesi, Maluku dan Irian Jaya) menggunakan layanan voice tertinggi yaitu sebesar 342 juta menit.

"Peningkatan konsumsi layanan data ini menunjukkan bahwa arah perkembangan gaya hidup masyarakat akan lebih banyak menggunakan layanan yang berbasis data," kata Direktur Utama Telkomsel, Sarwoto Atmosutarno dalam keterangannya, Senin (2/1/2012).

"Kami menyiapkan infrastruktur dari sisi jaringan dan inovasi produk-layanan, dengan 44 ribu BTS dan lebih dari 9000 node (BTS 3G). Telkomsel fokus pada pengembangan jaringan 3G/HSDPA/HSPA+. Saat ini kami memiliki 45 broadband city, dan di tahun 2012 kami menargetkan akan memiliki 100 broadband cities," lanjutnya.

Seakan tak mau kalah, XL Axiata juga melaporkan bahwa jaringannya tetap aman dan tidak mengalami gangguan yang berarti dalam perhelatan pergantian tahun kemarin.

Lonjakan trafik si operator yang identik dengan warna biru itu juga terjadi dari sisi layanan data. Dimana kenaikannya mencapai 269% atau setara dengan 65 terra bytes pada 31 Desember 2011 lalu jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sementara jika dibandingkan dengan hari-hari biasa, kenaikannya cuma sebesar 18,2%.

Layanan voice dan SMS pastinya juga mengalami kenaikan. Dengan lalu lintas menembus angka 670 juta menit untuk voice dan 925 juta SMS di hari terakhir tahun 2011.( ash / fyk )


detik

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More