blog-indonesia.com

Selasa, 03 Januari 2012

Mobil Esemka Kian Diburu

"Yang masih harus diimpor seperti ring seker, metal duduk, krek as dalam mesin."

Mobil dinas Jokowi rakitan anak SMK (VIVAnews/ Fajar Sodik)

VIVAnews - Setelah dipakai Walikota Solo, Joko Widodo, untuk mobil dinas, mobil rakitan siswa SMK Solo dan Kiat Motor pun kian banyak yang menanyakan kapan mobil tersebut bisa dipesan.

"Jam 06.00 WIB pagi tadi, sudah banyak yang menelepon menanyakan kapan mobil itu bisa dijual. Ada yang dari Sumatera, Kalimantan, Bali, Jakarta hingga Sulawesi," kata perancang mobil Esemka, Sukiyat, kepada VIVAnews.com, Selasa 3 Januari 2012.

Dikatakan Sukiyat, sudah banyak masyarakat yang ingin memesan mobil merek Kiat Esemka tersebut. "Kalau pas pameran, sampai banyak sekali yang antre ingin membeli. Terlebih sejak kemarin mobilnya dipakai Pak Jokowi, masyarakat yang ingin memesan jumlahnya lebih banyak," ujarnya.

Mobil Nasional Esemka

Dijelaskan dia, komponen lokal dalam mobil tersebut sekitar 80 persen. Sedangkan sisanya sekitar 20 persen komponennya masih diimpor. "Yang masih harus diimpor seperti ring seker, metal duduk, krek as dalam mesin," jelasnya.

Mobil Nasional Esemka

Sementara itu, untuk mesin, body, interior dan eksterior merupakan buatan lokal. "Blok mesin hasil cor-coran besi dibuat di Batur Klaten. Sedangkan body dan chasis itu buatan saya dan siswa SMK," ujarnya.

Ia pun mengaku bangga dengan mobil karyanya yang digunakan Jokowi sebagai mobil dinasnya. "Saya bangga sekali mobilnya dipakai Pak Wali. Saya berharap mobil tersebut juga dipakai oleh bapak-bapak kepala daerah lainnya," harapnya.
Laporan: Fajar Sodiq | Solo, umi



VIVAnews

2 komentar:

Dukung terus produk dalam negri. Semoga mobil kiat esemka laris manis tanjung kimpul.

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More