blog-indonesia.com

Senin, 05 Desember 2011

Tahun 2012, Indonesia Connected Dicanangkan

Program itu merupakan langkah menuju terwujudnya masyarakat informasi pada tahun 2014.

Tifatul Sembiring meresmikan Pusat Layanan Internet Kecamatan

VIVAnews – Sebanyak 165 kabupaten/kota se-Indonesia mengikuti lomba Information Communication Technology (ICT) Pura yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) di Surabaya, Jawa Timur.

Menkominfo Tifatul Sembiring dalam pembukaan lomba ICT mengatakan, akan memberikan Anugerah ICT Pura dan ISO Award 2011 kepada sejumlah kabupaten/kota di Indonesia yang mampu merealisasikan program era digital berbasis TIK yang dicanangkan oleh Kemkominfo.

“Program ICT Pura ini didorong atas kebutuhan mendesak bagi pemerintah untuk segera memiliki suatu kumpulan data indikator di bidang TIK yang lengkap, termutakhir, dan terukur hingga ke tingkat kabupaten/kota,” kata Tifatul di Empire Palace, Surabaya, Senin 5 Desember 2011.

Tifatul menjelaskan, progam ICT Pura adalah gerakan nasional untuk melakukan pemetaan dan penghitungan indeks. Tahun 2012, kata Tifatul, kementeriannya akan mencanangkan program Indonesia Connected, tahun 2014 program Indonesia Informatif, tahun 2016 program Indonesia Broadband, dan tahun 2018 program Indonesia Digital.

“Esensi dari progam ICT Pura adalah tahap pemetaan data indikator TIK. Untuk itu, Menkominfo melibatkan lebih dari 200 relawan surveyor yang mayoritas tergabung dalam Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer dan tim penilai independen,” ujar Tifatul.

Tifatul menambahkan, dalam kesepakatan World Summit on the Information Society disebutkan tentang pentingnya membangun masyarakat informasi menuju masyarakat yang berkualitas hidup sehat.

“Jadi dengan segala optimisme dan kemampuan yang ada, kami merencanakan terwujudnya masyarakat informasi pada tahun 2014, dan menjadi masyarakat berbasis pengetahuan pada tahun 2025,” terangnya.

Program ICT, kata dia, diperlukan untuk menentukan masa depan bangsa saat ini dan di masa mendatang, termasuk untuk mempertegas hubungan antar bangsa. Ditinjau dari pasar domestik, imbuh Tifatul, Indonesia memiliiki potensi luas untuk eksploitasi dan peluang usaha di bidang ICT.

Laporan : Tudji Martudji | Surabaya



VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More