blog-indonesia.com

Rabu, 21 Desember 2011

Jaringan Serat Optik Palapa Ring Selesai 2014

Proyek pembangunan kini ada di tahap menyambung fiber optik dari Manado ke Ternate.

Proyek pembangunan kabel serat optik sepanjang 57.000 km. (www.dsm.com)

VIVAnews - Palapa Ring merupakan proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau 33 provinsi, 440 kabupaten kota di seluruh Indonesia. Ia merupakan jaringan dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer dan 21.807 kilometer kabel di daratan.

Ketika mengunjungi VIVAnews pertengahan November lalu, Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan menyebutkan Jawa-Bali-Lombok-Sumbawa-Nusa Tenggara Timur dan Jawa-Kalimantan-Sulawesi sudah terhubung. Menurutnya, proyek pembangunan jaringan serat optik nasional oleh PT Telkom tersebut tinggal menghubungkan Manado-Maluku-Papua.

Kabar terbaru, Menteri Telekomunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring menyebutkan, proyek pembangunan kabel serat optik sepanjang 57 ribu km tersebut kini ada di tahap menyambung fiber optik dari Manado ke Ternate.

“Jika tidak ada aral melintang, diperkirakan pada tahun 2012 mendatang, jalur Ternate ke Manokwari akan tersambung,” kata Tifatul di Kabupaten Keerom, Papua, 21 Desember 2011.

Tifatul menyebutkan, proyek Palapa Ring ini sendiri mendapat stimulus dari pemerintah sebesar Rp3 triliun. Insentif tersebut ditujukan untuk meningkatkan nilai keekonomian di wilayah-wilayah yang selama ini bernilai ekonomi rendah. “Proyek Palapa Ring ini sendiri ditargetkan akan selesai pada 2014 mendatang,” kata Tifatul. (kd)



VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More