blog-indonesia.com

Sabtu, 17 Desember 2011

14 Negara Serbu Konferensi Ilmu Komputer UI

Ilustrasi (gettyimages)

Jakarta - Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menggelar konferensi internasional di bidang ilmu komputer dan sistem informasi, ICACSIS 2011 (International Conference On Advanced Computer Science and Information Systems). Sejumlah perwakilan dari 14 negara pun bakal menyerbu perhelatan ini.

Acara yang dihelat pada 17-18 Desember 2011 di Mercure Convention Center, Ancol, Jakarta itu merupakan forum internasional yang menghadirkan para peneliti, professional, mahasiswa dan pakar di bidang ilmu komputer dan sistem informasi, yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Tujuan dari acara ini adalah saling berbagi pengetahuan, pengalaman, inovasi dan perkembangan informasi terkini mengenai metodologi, teori dan aplikasi dalam semua aspek system engineering, human machine interaction, interface dan berbagai aplikasi bermanfaat lainnya.

Opening Ceremony ICACSIS 2011 rencananya akan dibuka Prof. Musliar Kasim (Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI) dan Prof.T. Basaruddin (Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia).

Adapun para pembicara yang dihadirkan: Prof. Boris Mirkin (HSE Moscow/ University of London), Dr. Xue Li (University of Queensland), Prof. Elena Gaura (Coventry University, UK), Prof. T. Fukuda (Nagoya University, Japan), dan Ir. Zainal A.Hasibuan, MLS, PhD (Universitas Indonesia).

Topik utama yang akan dibahas oleh para invited speaker yaitu mencakup aspek data mining, information network analysis, pervasive sensing, dan Indonesian E-Cultural Heritage Framework.

"ICACSIS 2011 akan dihadiri oleh 200 peserta yang berasal dari dalam dan luar negeri. Sejumlah perwakilan dari 14 negara sudah memastikan hadir," tukas UI, dalam keterangannya, Jumat (16/12/2011).

Mulai dari Malaysia, Uni Emirat Arab, Iran, India, Mesir, China, Thailand, Norwegia, Vietnam, Australia, Jerman, Korea, Pakistan, dan Inggris (UK).

Konferensi internasional ICACSIS sendiri telah terselenggara sejak tahun 2009. Pada tahun 2011 ini, secara resmi Konferensi ICACSIS disponsori oleh Asosiasi Professional Tingkat Internasional dalam Pengembangan Teknologi yaitu IEEE.

Konferensi ICACSIS 2011 terdiri dari 4 main event yaitu Plennary Speech, Parallel Session, Workshop Session dan Poster Session. Jumlah papers (makalah) yang disubmit yaitu 136 paper dari berbagai negara.

Setelah melalui tahap seleksi serta review ketat oleh Committee ICACSIS 2011, diperoleh 66 paper yang lolos seleksi untuk dipresentasikan dalam konferensi internasional ini. ( ash / fyk )


detik

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More