blog-indonesia.com

Senin, 07 November 2011

Yuk! Lihat Reaktor Ozon Hingga Es Krim Tempe di LIPI Expo 2011

Jakarta - Lembaga penelitian tertua, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), akan menggelar pameran hasil penelitian selama 2 tahun ini. Hasil penelitian yang dipamerkan bukan hanya di bidang science, tapi juga ilmu terapan.

LIPI Expo akan digelar pada 7-9 November 2011 di Hotel Bidakara, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan (Jaksel). Berbarengan dengan itu, akan dilangsungkan Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional X di lokasi penyelenggaraan ekspo.

Pembukaan LIPI Expo dilakukan oleh Wakil Presiden Boediono di Kantor Wapres, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (7/11/2011). Ketua LIPI Lukman Hakim menyatakan, kegiatan itu bertujuan agar hasil penelitian LIPI dapat diketahui dan dimanfaatkan masyarakat.

"Kami ingin menunjukkan bahwa kami tidak hanya mengeluh kenaikan gaji, tetapi berkerja dan menghasilkan sesuatu," ucap Lukman dalam jumpa pers setelah acara pembukaan.

Tujuan lainnya, sambung Lukman, adalah untuk menjaring lebih banyak lagi stakeholder dan sektor swasta untuk bekerja sama dengan LIPI dalam mengelola hasil-hasil penelitian. Hingga saat ini, lanjut dia, kerja sama itu masih sangat terbatas.

"Jadi kita lebih banyak kepada usaha-usaha UKM. Kalau yang selevel PT KAI itu boleh dikatakan tidak terlalu banyak. Tapi jangan lupa bahwa ada penemuan-penemuan di bidang bioteknologi itu sebetulnya membutuhkan investasi yang besar," kata dia.

Hasil penelitian yang akan dipamerkan terdiri dari 12 klaster. Rinciannya kelompok iptek untuk daerah, ketahanan pangan, teknologi obat-obatan dan kesehatan, dan teknologi hijau. Selanjutnya sumber daya alam dan kebencanaan, keanekaragaman hayati, teknologi informasi dan komunikasi, pengujian dan standar mutu, energi dan transportasi, serta dinamika dan transformasi sosial.

Pada hari pertama ekspo, LIPI akan memamerkan hasil penelitian meat-milk pro yang dilakukan untuk mendukung program pencapaian daging dan susu. Hari kedua, akan dipamerkan temuan para peneliti LIPI antara lain antena PSM, Wimax, TV Digital, Data Logger, Tri Listrik, dan pemantau infus jarak jauh.

Adapun hari ketiga akan dipamerkan antara lain reaktor ozon penggelola limbah cair, biotrik (biogas listrik), EFT (alat irit BBM), genset, instalasi pengolah air gambut, rendang kaleng, suplemen pakan, ice cream tempe, dan pupuk organik cair.

Di dalam ajang ekspo ini juga akan digelar pertemuan bisnis, voice of industry, workshop dan talkshow. (irw/lrn)


detikNews

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More