blog-indonesia.com

Selasa, 08 November 2011

Swasta Digandeng Untuk Tingkatkan Penelitian

Pemerintah sedang mengkaji insentif khusus bagi swasta yang membantu penelitian.

Peneliti riset dengan mikroskop (sefora.org)

VIVAnews
- Kementerian Riset dan Teknologi akan fokus dalam publikasi hasil riset untuk meningkatkan kualitas penelitian di Indonesia. Untuk publikasi riset, Kementerian merencanakan menggandeng kerjasama dengan berbagai pihak, baik itu pemerintah maupun dengan kalangan swasta.

“Stateginya kita kolaborasikan ABG, akademisi, bussinessman dan government (pemerintah),” kata Menristek, Gusti Muhammad Hatta, di sela-sela meninjau karya peneliti LIPI Expo di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin, 7 November 2011.

Untuk itu, pihaknya akan terus mengajak kalangan industri untuk menerapkan berbagai hasil riset dari peneliti Indonesia. Selain itu, yang juga perlu dikembangkan menurutnya adalah penambahan infrastruktur.

Sementara itu, Ketua LIPI Lukman Hakim juga sependapat dengan pernyataan Menristek. Untuk memproduksi massal teknologi penelitian, menurutnya perlu menggandeng swasta. ”Dengan ada pameran ini, kami berharap ada pihak yang berminat,” ujarnya saat mendampingi Menristek mengunjungi pameran.

Dari sisi pemerintah, Gusti menyampaikan akan mendorong insentif khusus bagi kalangan industri atau swasta yang mengaplikasikan hasil riset dari peneliti. “Kami masih mendorong termasuk soal insentif tadi,” kata Gusti Hatta.

Namun demikian, Gusti juga tetap mengupayakan tambahan dana untuk penelitian. Untuk hal ini, ia mengaku akan mengawal bersama dengan LIPI.

Saat ini, lanjutnya, hanya tinggal menunggu tindaklanjut dari Sekretaris Kabinet yang akan mengkoordinasikan dengan kementerian terkait. “Tinggal Seskab dan nanti ke Menpan,” sebutnya.

Nantinya, tindak lanjut mengenai insentif akan disahkan melalui Peraturan Presiden. (eh)



VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More