blog-indonesia.com

Rabu, 09 November 2011

Ahli Burung dan Sosiolog Raih Habibie Award 2011

TEMPO Interaktif, Jakarta - Anugerah Habibie Award 2011diberikan kepada dua ilmuwan senior Indonesia, Soekarja Somadikarta dan Sajogyo. Masing-masing ilmuwan ini bergelut di bidang ornitologi dan sosiologi.

Menurut Yayasan Sumber Daya Manusia dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi selaku panitia penjurian Habibie Award, anugerah tahun ini diberikan karena kedua ilmuwan memenuhi beberapa kriteria mencakup inovasi, manfaat bagi masyarakat, promosi keilmuan, prestasi, dan konsistensi. Dari 19 orang yang diusulkan sebagai peraih penghargaan, hanya dua orang yang dinilai memenuhi keseluruhan kriteria. Kebetulan, kedua ilmuwan ini sudah memasuki masa sepuh.

"Seleksi pemenang dilakukan ketat oleh 21 juri yang berpredikat guru besar," ujar Ketua Yayasan SDM-Iptek Wardiman Djojonegoro saat jumpa pers di Gedung Habibie Center, Jakarta, Selasa, 8 November 2011.

Soekarja Somadikarta, kelahiran Bandung 21 April 1930, merupakan guru besar biologi di Fakultas MIPA Universitas Indonesia. Ia memperoleh gelar doktor dari Freie University Berlin, Jerman. Selama hampir setengah abad, ia mengabdikan diri untuk mempelajari dan memperkenalkan ilmu burung (ornitologi) di Indonesia. Berbagai karya ilmiahnya terbit di berbagai jurnal internasional.

Kegiatan penelitian juga ia lakukan di luar negeri. Beberapa institusi prestisius seperti Harvard University, The British Natural History Museum, Nationaal Natuurhistorisch Museum Leiden, dan Museum National d'Histoire Naturelle Paris, pernah mengundangnya sebagai peneliti tamu.

Pengabdiannya terhadap ilmu burung juga membuat dia memperoleh berbagai pengakuan internasional. Soekarja saat ini menjadi anggota kehormatan di The British Ornithologist Union dan pernah menjadi Presiden Kehormatan pada kongres internasional lembaga ini.

Peraih anugerah berikutnya, Sajogyo, merupakan ahli sosiologi yang mengkhususkan diri pada ekonomi pertanian. Pria kelahiran Karanganyar, 21 Mei 1926 ini merupakan pencetus Garis Kemiskinan Sajogyo.

Meski gelar sarjana diraihnya dari Fakultas Pertanian Universitas Indonesia, Sajogyo aktif di bidang sosiologi. Doktor dari UI ini punya posisi unik dalam dunia sosiologi, karena giat mempelajari sosiologi pertanian pedesaan. Ia mampu mendobrak perdebatan mengenai definisi kemiskinan dengan menawarkan definisi yang diterima luas.

Kelompok miskin menurut dia adalah rumah tangga yang mengkonsumsi pangan kurang dari nilai tukar 240 kilogram beras setiap tahun per kepala di pedesaan atau 369 kilogram setiap tahun per kepala di perkotaan. Dari sini, sosiologi mengenal istilah Garis Kemiskinan Sajogyo.

Sajogyo juga bergabung sebagai akademisi yang mengkritik program revolusi hijau yang merugikan petani gurem. Melalui naskah berjudul "Modernization Without Development in Rural Java" yang ditampilkan di seminar Food and Agriculture Organization (FAO) di Bangkok pada tahun 1973, ia menyinggung ketimpangan penguasaan tanah oleh petani kakap yang menyebabkan petani miskin kekurangan lahan.

Kritik atas modernisasi yang tidak memakmurkan ini, dia meminta pemerintah menyediakan program khusus yang memberikan kesempatan lebih besar kepada petani gurem. Sajogyo kemudian dikenal sebagai orang yang mengembangkan sosiologi masyarakat terpinggirkan.

Habibie Award rencananya akan diserahkan pada tanggal 10 November 2011 di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta. Menurut rencana, acara ini juga akan diisi oleh orasi ilmiah oleh Frans Magnis Suseno, peraih anugerah khusus Habibie Award tahun sebelumnya.(ANTON WILLIAM)

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More