blog-indonesia.com

Jumat, 14 Oktober 2011

Teliti Longsor, UGM Raih Penghargaan Dunia

UNIVERSITAS GADJAH MADA

TEMPO Interaktif
, Yogyakarta - Jurusan Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada menerima penghargaan sebagai pusat unggulan dunia terkait pengurangan risiko bencana longsor berbasis masyarakat. Indonesia berhasil mendapatkan penghargaan itu setelah bersaing dengan 42 penelitian tentang bencana tanah longsor yang berasal dari 30 negara di dunia.

“Dua penelitian kita tentang deteksi dini bahaya longsor dan KKN-PPM Mitigasi Bencana Longsor yang terpilih sebagai world center of excellent for community based landslide disaster risk reduction,” kata Kepala Jurusan Jurusan Teknik Geologi UGM, Profesor Dwikorita Karnawati kepada wartawan usai jumpa pers, Kamis, 13 Oktober 2011.

Penghargaan sebagai World Center of Excellence for Community-based Landslied Disaster Risk Reduction diberikan oleh International Program on Landslide and United Nation International Strategy for disaster Risk Reduction.

Dwikora mengatakan penelitian digunakan di berbagai lokasi antara lain Banjarnegara, Tamangmangu, Situbondo. Penganugerahan penghargaan dilakukan bersamaan dengan konferensi bencana longsor yang dihadiri 80 negara di dunia, pada 3 Oktober 2011
di Kantor Pusat FAO, Roma.

Indonesia memang bukan satu-satunya yang menerima penghargaan itu. Alasan Indonesia dipilih yang terbaik lantaran penelitian yang dilakukan dianggap visioner dan melibatkan masyarakat serta generasi muda dalam deteksi dan mitigasi longsor.(BERNADA RURIT)


TEMPOInteraktif

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More