blog-indonesia.com

Sabtu, 22 Oktober 2011

Lima Startup Dapat Beasiswa Founder Institute

SparxUp Awards 2011

Jakarta, KOMPAS.com - Pada malam puncak kompetisi SparxUp Award 2011 yang turut diselenggarakan oleh Kompas.com, semalam (21/10/2011), sebanyak lima startup berhasil meraih beasiswa dari Founder Institute. Founder Institure adalah sebuah lembaga yang bercita-cita meng-global-kan Silicon Valley, mendidik para startup dalam bisnis digital sehingga bisa membangun bisnis yang inovatif dan menguntungkan.

Sejumlah startup yang dinyatakan meraih beasiswa tersebut adalah Bistip.com yang merupakan media sosial titip menitip barang, Andtechnology.mobi yang dalam ajang SparxUp hadir dengan produknya Blink Control, Pesandulu.com yang merupakan situs jual beli dengan sistem preorder, situs desain berbasis crowd sourcing Sribu.com, dan terakhir adalah mesin pencari belanja online Telunjuk.com.

Chairman SparxUp Award 2011 Herman Kwok mengatakan, "Kelima pemenang sudah kami pilih berdasarkan hasil pitching yang telah dilakukan di hari sebelumnya (Kamis, 20/10/2011). Yang terpilih sebagai penerima beasiswa Founder Institute ini adalah mereka yang nilainya termasuk lima yang paling teratas."

Herman menjelaskan, penilaian oleh dewan juri didasarkan pada inovasi, bisnis model, dan kemampuan pengimplementasian. Ia menilai bahwa beberapa produk startup cukup bagus, misalnya Bistip.com yang dinilai sangat orisinal dan lokal. Penilaian juri, kata Herman, bisa dipertanggungjawabkan dan diaudit bila perlu.

StartUp yang mendapatkan beasiswa Founder Institute pada dasarnya akan memperoleh kesempatan mengikuti pelatihan entrepreneurship. Dalam empat kali pertemuan dalam sebulan selama empat bulan, para startup akan dibekali dengan materi untuk mengembangkan bisnis dan beberapa kasus.

Para startup juga bisa mengajukan bisnisnya sebagai salah satu kasus yang dikaji. "Para startup akan mendapat pengetahuan dan masukan dari pakar dan startup yang ada di sana.Yang paling penting juga adalah soal mental, bagaimanaya menghadapi kompetisi dan mengembangkan bisnisnya," ungkap Herman yang ditemui Kompas.com usai malam penghargaan.

Herman menambahkan, para startup nantinya juga bisa belajar tentang bisnis model. Soal kualitas karya startup dalam SparxUp kali ini, Herman mengatakan bahwa karyanya semakin orisinal dan punya potensi besar untuk dikembangkan. Dengan program Founder Institute, para startup yang berkesempatan mengikutinya diharapkan semakin matang baik dalam inovasi produk maupun usaha monetizing.


KOMPAS

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More