blog-indonesia.com

Minggu, 15 Mei 2011

Wapres Berangkatkan Mahasiswa ke Ajang Inovasi Kendaraan

Wakil Presiden Boediono. (ANTARA)

Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden (Wapres) Boediono memberangkatkan 10 tim mahasiswa Indonesia dari berbagai universitas untuk berlaga dalam uji kreativitas dan inovasi kendaraan dalam ajang "Shell Eco-marathon Asia 2011" yang akan berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 6-9 Juni 2011.

"Saya sangat mendukung dan mengharapkan bisa berlanjut di tahun mendatang dan ini akan berdampak dalam memberikan inspirasi bagi generasi muda secara luas," kata Wapres di Lapangan Parkir Timur Senayan Jakarta, Sabtu.

Hadir dalam acara itu antara lain Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Saleh, Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M. Nuh, serta Presiden Direktur PT Shell Indonesia, Darwin Silalahi.

Sepuluh tim mahasiswa Indonesia yang agak berlaga di ajang itu berasal dari Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, serta Politeknik Negeri Pontianak.

Menurut Wapres, kemampuan mahasiswa Indonesia dalam menciptakan kreatifitas dan inovasi kendaraan tersebut membuktikan bahwa generasi muda dapat menciptakan sesuatu yang membanggakan.

"Saya mendengar bahwa pada ajang 2010 para mahasiswa sudah bisa mencapai prestasi yang membanggakan dalam ajang itu dan saya berharap pada tahun ini bisa capai lebih tinggi lagi," kata Wapres.

Dikatakan Boediono, mahasiswa dalam bekerja dalam satu tim dengan ada pembimbing akan meningkatkan semangat untuk mencapai sasaran yang dicapai makin kuat.

Wapres yakin dalam waktu satu tahun terakhir ini siswa telah belajar dan bekerja sebagai kerjasama tim, karena mereka tidak bisa bekerja sendiri-sendiri.

"Kerjasama tim akan penting dan nantinya pun juga akan penting dan kerjasama tim itu adalah aset untuk nanti bekerja dimanapun," kata Wapres.

Kadangkala kita punya orang-orang pintar tetapi semangat kerjasama tim nampaknya belum ada sehingga orang pintar tidak menghasilkan yang optimal, meskipun dimasukkan dalam kelompok yang kuat," kata Wapres.

Dalam kesempatan itu para tim menampilkan berbagai macam inovasi disain kendaraan yang akan bersaing dengan mahasiswa negara lain dengan satu tujuan meretas batas efisien bahan bakar, yaitu menempuh jarak terjauh dengan bahan bakar seminimal mungkin. (*)


ANTARAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More