blog-indonesia.com

Senin, 02 Mei 2011

Ranking Kompasiana Makin Melesat

Wajah baru Kompasiana dengan foto Headline yang lebih besar dan warna dasar putih yang lebih bersih. (www.kompasiana.com)

JAKARTA, KOMPAS.com
- Di akhir tahun yang lalu, saat lomba yang diadakan oleh kompasiana saya memprediksikan bahwa di akhir tahun 2011 ini kompasiana akan berada di rank 50 atau nomor urut 50 dari sekian banyak situs yang ada di Indonesia. Namun mungkin saja prediksi tersebut salah karena pada hari ini kompasiana sudah berada di rank 58, dengan melihat padatnya traffic ke kompasiana beberapa waktu terakhir, mungkin kompasiana akan berada di rank 40-an di akhir 2011 nanti (kalau engine kompasiana baik-baik saja).

Demikian analisa Kimi Raiko, yang menulis di Kompasiana. Berikut tulisan lengkapnya...

Peningkatan rank dalam waktu yang cukup pendek ini salah satunya mungkin karena adanya toolbar Alexa yang banyak dipasang oleh kompasianer. Sebab lain yang lebih mendekati kenyataan adalah bahwa traffic ke kompasiana sedang bagus-bagusnya, seiring dengan hal itu beberapa situs saingan mengalami kemunduran sehingga tempatnya digantikan oleh kompasiana. Perhatikan grafik berikut ini.

130426436196586602

Sumber: http://www.alexa.com/siteinfo/kompasiana.com#

Peningkatan traffic rank kompasiana di antara tanggal 11 April - 18 April 2011 sangat tinggi. Di minggu ini saya mencatat rank kompasiana berada di angka 74, walau sebelumnya berada di posisi 68. Dalam minggu ini juga admin mulai memperkenalkan Alexa Toolbar yang dapat didownload oleh kompasianer ubtuk browser IE dan Mozilla. Perhatikan juga Site Linking In, semula poin ini berada di angka 300-an, namun semenjak dipasang toolbar (tidak otomatis saat toolbar ada) angkanya naik lebih dari 100. Poin ini juga sangat berpengaruh kepada rank Alexa, biasanya situs dengan Site Linking In tinggi, rank Alexa-nya juga tinggi/bagus.

Dalam menentukan traffic rank, Alexa memperhatikan dua faktor penting, yaitu rata-rata jumlah kunjungan harian dan jumlah page view. Situs dengan kombinasi jumlah kunjungan rata-rata tertinggi dan page view juga tertinggi, pasti memiliki rank Alexa yang tertinggi, contohnya Facebook dan Google. Coba kita perhatikan page view dan page view per user kompasiana pada bulan April berikut ini.

13042651861595774182

Tingkat Page View kompasiana dalam bulan April,

sumber: http://www.alexa.com/siteinfo/kompasiana.com#

13042653542001017318

Page View per User Kompasiana pada bulan April,

sumber:http://www.alexa.com/siteinfo/kompasiana.com#

Dari kedua grafik di atas dalam bulan April terdapat kenaikan Page View sebesar 174,3% dan Page View per User sebesar 156%. Tidak aneh traffic rank Alexa kompasiana bisa melompat sedemikian jauh, dari sekitar 80-an di awal bulan April menjadi 58 pada tanggal 30 April 2011. Biasanya kenaikan Page View per User juga akan diikuti dengan naiknya Time on Site (waktu rata-rata user berada di kompasiana) dan menurunnya tingkat Bounce (user yang hanya melihat satu kali di kompasiana). Coba kita lihat grafik berikut ini.

1304265785500169120

Time on Site Kompasiana selama bulan April,

sumber:http://www.alexa.com/siteinfo/kompasiana.com#

13042659261875292469

Tingkat Bounce Kompasiana, selama bulan April,

sumber: http://www.alexa.com/siteinfo/kompasiana.com#

Dari kedua grafik di atas terlihat dalam bulan April 2011, Time on Site Kompasiana, naik sebesar 142%, sedangkan Bounce turun cukup besar, yaitu 27%. Tampaknya user kompasiana sudah mulai bisa berlama-lama di kompasiana hal ini mungkin terkait dengan beberapa kegiatan di kompasiana dan pertambahan user baru yang cukup signifikan. Faktor lain yang turut meningkatkan time on site adalah konten yang berkualitas sehingga user rela menghabiskan waktunya, rela berlama-lama di kompasiana karena memperoleh banyak hal yang baik dari konten di kompasiana. Namun demikian, tingkat Bounce Kompasiana sebenarnya masih tinggi, yaitu 45% sehingga perlu upaya yang lebih kuat untuk menurunkannya (dengan demikian menaikkan time on site).

Bila faktor-faktor di atas memperlihatkan kenaikan, tidak demikian dengan faktor search. Inilah satu-satunya dalam perhitungan Alexa yang mengalami penurunan. Artinya traffic yang berasal dari mesin pencari dan mengarah ke kompasiana mengalami penurunan yang cukup besar, bahkan semenjak awal tahun 2011. Coba perhatikan grafik berikut ini.

1304266570214860004

Traffic dari mesin pencari menuju kompasiana mengalami penurunan,

sumber:http://www.alexa.com/siteinfo/kompasiana.com#

Apa artinya?

Saya hanya mengira-ngira bahwa sebagian besar traffic kompasiana berasal dari user-nya sendiri. Artinya user kompasianalah yang sangat berperan terhadap traffic kompasiana, bukan orang lain yang memperoleh kompasiana melalui mesin pencari. Hal ini senada dengan yang diperlihatkan oleh semrush.com bahwa traffic kompasiana dari mesin pencari di bulan April hanya ada 78, jumlah yang sangat sedikit. Artinya lagi, kompasiana sangat bergantung kepada keaktifan user-nya, kalau user-nya malas karena berbagai alasan, traffic kompasiana dipastikan turun drastis.

Hal ini juga menunjukkan kompasiana kurang bersahabat dengan mesin pencari. Hal ini mungkin disebabkan beberapa alasan, pertama situs kompasiana loading-nya lama sehingga kalah dibandingkan situs lain sehingga dipinalti oleh mesin pencari. Kedua kata kunci yang mengarah ke kompasiana terlalu melebar sehingga sulit untuk bersaing dengan situs lain. Ketiga, banyak konten kompasiana yang hilang dari kompasiana karena dihapus, baik oleh user maupun oleh admin.

Tentu sangat disayangkan kompasiana tidak memperoleh traffic yang tinggi dari mesin pencari. Bagaimanapun mesin pencari adalah pintu penting untuk mendatangkan traffic. Kepedulian terhadap mesin pencari sangat penting agar kompasiana makin dikenal banyak kalangan. Oleh karena itu, kompasiana perlu menerapkan SEO (Search Engine Optimization) yang lebih baik.

Kembali ke rank kompasiana versi Alexa, perlu dipahami ukuran yang dipakai oleh Alexa untuk menentukan rank suatu situs mungkin terlalu sederhana, yaitu hanya faktor rata-rata kunjungan harian dan page view yang bisa saja berasal hanya dari user setia kompasiana, sedangkan faktor lain seperti bagaimana kompasiana di mesin pencari tidak begitu penting. Hal ini membuat rank Alexa masih bisa diperdebatkan. Namun karena kompasiana mengukur kemajuan situsnya dengan Alexa, pencapaian ini tentu patut diapresiasi. Demikian juga, karena sebagian besar traffic kompasiana berasal dari user kompasiana sendiri, sangat penting bagi pengelola membuat kompasiana makin nyaman bagi user-nya. Paling tidak 95% dari 100% user kompasiana harus merasakan kenyamanan agar mereka bisa terus membolak-balik halaman kompasiana dan terus berada di kompasiana sepanjang waktu.


KOMPAS

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More