blog-indonesia.com

Minggu, 22 Mei 2011

Pentingnya UI Bagi Pengembang Aplikasi

Ilustrasi (ist)

Jakarta - Hukum kesan pertama berlaku bagi aplikasi mobile. Jika kesan pertama tidak menggoda, maka jangan harap aplikasi tersebut akan banyak dibuka. Karenanya user interface (UI) yang menarik itu wajib hukumnya.

"Lebih dari 50 persen user tidak mau buka lagi aplikasi saat melihat UI kurang menarik. Karenanya UI itu sangat penting bagi developer yang ingin mengembangkan atau membuat aplikasi," ungkap Andri Yadi, President Director & CEO Dycode saat berbincang dengan detikINET, Sabtu (21/5/2011).

User Interface atau antarmuka pengguna adalah ruang di mana interaksi antara manusia dan mesin terjadi. Tujuan dari interaksi antara manusia dan mesin pada antarmuka pengguna adalah agar mempermudah mengendalikan dan mendapatkan respon dari instruksi kepada mesin.

Andri pun mengingatkan bahwa untuk aplikasi mobile tidak cukup dengan menarik saja. Kemudahan serta konsistensi developer untuk terus memperbaiki karyanya juga hal yang perlu diperhatikan.

"Mobile bukan hanya sekedar bagus. Kita harus ingat dengan device yang memiliki keterbatasan. Mulai dari keterbatasan layar, memori dan lain sebagainya. Mobile bukan desktop," ujar pria yang juga menjabat sebagai ketua iMad Camp, sebuah komunitas developer iPhone, iPad dan Macintosh di Indonesia.( afz / fyk )


detikInet

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More