blog-indonesia.com

Selasa, 31 Mei 2011

Kominfo Kejar PNBP dari ICT Centre Hasil Hibah Korsel

Ilustrasi (Ist.)

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menegaskan bahwa penggunaan Balai Pelatihan dan Pengembangan TIK yang baru saja diresmikan di kawasan industri Jababeka Bekasi bisa digunakan siapa saja. Kominfo pun berharap dapat meraup PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) dari ICT Centre hasil hibah pemerintah Korea Selatan ini.

Balai ini memiliki luas 2,5 hektar dan dibangun atas bantuan hibah Pemerintah Korea Selatan melalui Korea International Cooperation Agency senilai USD 8,9 juta atau setara dengan Rp 75,6 miliar (USD 1 = Rp 8.500). Sementara lahan tanah didapatkan dari Pemda Bekasi.

"Biaya pembangunan ICT Centre ini seluruhnya dari hasil hibah, Kominfo hanya bertanggung jawab untuk biaya operasional sehari-hari," tukas Kepala Humas dan Pusat Informasi Kementerian Kominfo, Gatot S. Dewa Broto, kepada detikINET, Selasa (31/5/2011).

Sebelum dilakukan pembangunan balai ini, Kominfo telah melakukan uji kelayakan terhadap kawasan yang digunakan. Hasilnya, wilayah Jababeka yang dikerubungi oleh pabrik dan penggiat industri, menyimpan potensi bisnis tersendiri.

"Ketika kita analisa ternyata ada pasar potensial di sini. Menurut laporan, ada sekitar 3.000 industri dan pabrik yang ada di kawasan Jababeka. Sehingga meski terpencil dari Jakarta tapi berada di tengah kawasan industri," lanjut Gatot.

Para perusahaan yang ingin menggunakan layanan di ICT Centre yang berada di bawah naungan Kominfo ini pun dipersilakan. Namun penggunaannya harus mengikuti aturan dalam PNBP alias harus bayar.

"Tapi pungutannya berbeda lah dengan tempat komersil lainnya, tidak bisa berlebihan. Sebab pungutan kita sudah diatur oleh PP nomor 76 tahun 2010 tentang PNBP di Kominfo. Kalau berlebihan bisa jadi temuan," tukas Gatot.

Kominfo sendiri membukukan lonjakan penerimaan dari sektor PNBP pada tahun 2010 lalu. Menurut laporan per 20 November 2010, PNBP Kominfo yang terealisasi mencapai Rp 11,1 triliun.

Jumlah ini melebihi target yang telah dipatok sebelumnya, yang 'cuma' ditargetkan di angka Rp 10,2 triliun. Adapun untuk target PNBP Kominfo di tahun 2011 diprediksi naik 15 persen dari pencapaian tahun 2010. ( ash / fyk )


detikInet

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More