blog-indonesia.com

Rabu, 04 Mei 2011

ITB Sajikan Makanan Fermentasi Terbaru

BANDUNG--MICOM: Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar pameran makanan fermentasi mikrobiologi hasil racikan para mahasiswa di Ganesha itu.

Pameran yang digelar di Aula Timur ITB sejak tanggal 2 hingga 3 Mei 2011 tersebut tidak sekedar menampilkan hasil olahan fermentasi berbentuk tahu, tempe dan yoghurt saja. Namun, juga menampilkan produk turunannya yang kreatif.

"Pameran ini merupakan upaya edukasi kepada masyarakat untuk memberdayakan produk makanan fermentasi sehingga memiliki nilai lebih dan berasa enak," kata Ketua Panitia Fermentation Reloaded Widya di sela-sela pameran, Selasa (3/5).

Kegiatan yang rutin digelar setiap tahun di Kampus ITB tersebut, kata Widya, untuk merangsang mahasiswa untuk menciptakan produk makanan fermentasi lainnya dari produk yang ada saat ini.

Selain itu, memberikan pendidikan dan berbagi pengetahuan dengan masyarakat dalam pengolahan produk fermentasi yang baik, benar dan kreatif.

ITB sebagai lembaga pendidikan yang memiliki jurusan mikrobiologi juga mendorong adanya standarisasi makanan-makanan fermentasi sehingga menghasilkan produk yang berkualitas dan diminati pasar.

"Makanan hasil olahan fermentasi tersebut sudah menjadi bagian dari masyarakat, sehingga perlu standarisasi sehingga produknya baik, sehat dan memiliki nilai lebih baik," katanya.

Pameran itu diikuti sekitar 20 gerai, selain diikuti oleh produk hasil olahan makanan fermentasi dari mahasiswa ITB juga terdapat peserta dari produsen makanan fermentasi. (Ant/OL-9)


MediaIndonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More