Jakarta (ANTARA News) - Tim Garuda dari Universitas Islam Indonesia (UII) meraih juara kedua F1 Dashboard Design Challenge yang digelar SAP, sementara juara pertama direbut Shine A Plan Nanyang Polytechnic dari Singapura.

“Kami sangat bangga atas prestasi yang berhasil diraih oleh Tim Garuda UII sebagai juara kedua dalam kompetisi SAP F1 Dashboard Design Challenge,” kata Singgih Wandojo, Operations Director SAP Indonesia, dalam siaran pers yang diterima ANTARA News di Jakarta, Jumat.

Kompetisi ini diselenggarakan sebagai bagian dari SAP University Alliances Program, dan khusus dirancang untuk mendorong inovasi dan kreativitas para mahasiswa.

Juara ketiga kompetisi ini diraih The Successor Ngee Ann Polytechnic.

Pada babak penyisihan Tim Garuda bersama dua pemenang lainnya mampu menyisihkan 49 peserta dari berbagai universitas di wilayah Asia Tenggara.

Pada tahap grand final, Tim Garuda mempresentasikan karyanya di depan dewan juri bersama 5 tim finalis lainnya, yaitu Sans Souci Repoblic Polytechnic, The Successor Ngee Ann Polytechnic, TXL Ngee Ann Polytechnic, Mooey Ngee Ann Polytechnic, Shine A Plan Nanyang Polytechnic.

Masing-masing tim dinilai dari segi fungsi dashboard, kreativitas, data, dokumentasi, serta bagaimana mereka melakukan presentasi di depan para juri. Tim Garuda UII menjadi satu-satunya tim yang berlatar belakang ilmu non-eksakta, dimana kelima finalis lainnya berasal dari Politeknik.

Tim yang beranggotakan tiga mahasiswa prodi Akuntansi UII Angkatan 2006, yaitu Julian Affandi Zega, Adian Satrio Jati, dan M Elza Rifki memenangkan kompetisi dengan dashboard yang telah mereka rancang.

Mereka merancang dashboard berbasis website dengan menggunakan SAP BusinessObjects. Dashboard tersebut berfungsi untuk mempresentasikan informasi dan menganalisis kejuaran balap mobil F1.

“Kami sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh Tim Garuda yang berhasil meraih juara kedua setelah mengalahkan beberapa tim finalis lainnya dari berbagai universitas di Asia Tenggara yang memiliki latar belakang teknik,” kata Prof.Dr. H. Edy Suandi Hamid, M.Ec, Rektor UII.

Salah satu keunggulan desain dashboard yang dibuat oleh Tim Garuda dan berhasil menarik perhatian para juri ialah desain dashboard tersebut menampilkan data analisis driver, tim atau kontruktor terbaik, grandprix dan prediksi driver terbaik untuk race tahun 2011.

Prediksi atau analisis driver terbaik ini menjadi salah satu keunggulan karya Tim Garuda dan tidak ditemukan pada desain dashboard dari peserta lainnya. Selain itu, data-data yang ditampilkan oleh Tim Garuda juga sangat detail.(Yud/S026)