blog-indonesia.com

Rabu, 09 Maret 2011

Telkom Perkenalkan @Radio

JAKARTA--MICOM: PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) bersama dengan mitra inovatornya Zamrud Khatulistiwa Technology memperkenalkan layanan the Future of Radio For Today Generation @Radio yang diharapkan menjadi jawaban komunitas penyiaran radio dalam menghadapi perkembangan global industri radio siaran.

"Teknologi ini akan merevolusi dunia penyiaran radio dan memudahkan penyiar radio untuk menjadi great public speaker yang bebas menentukan gaya siaran. Basisnya internet protocol sehingga radio tidak lagi memiliki keterbatasan daya pancar dan bisa diakses melalui banyak perangkat," jelas Direktur IT & Supply Telkom Indra Utoyo usai peluncuran produk tersebut di Jakarta, Rabu (9/3).

Menurutnya, inovasi @Radio yang berbasis internet itu akan memacu efisiensi di operasional penyiaran, memunculkan sumber pendapatan lain, dan mendorong industri konten kreatif untuk maju.

Produk itu sendiri, tambah dia, memiliki fitur-fitur utama yang memiliki fungsi berbeda. Di antaranya, dynamics live streaming yang mendukung operasi penyiaran radio dimana seluruh stakeholder radio yang terlibat secara terintegrasi dapat bekerja dinamis via website radio.

Selain itu, ada fitur contextual podcast streaming yang dapat memudahkan para pendengar untuk memilih hasil produksi seni siaran yang tersedia. Hasil produksi itu bisa dilihat dan didengar secara on demand.

Ada juga fitur stay tune social marketing yang memudahkan berbagai pihak melakukan promosi hasil produksi seni siaran radio kepada teman-teman dan relasinya dengan cara mengunggah atau mempublish di Facebook, Twitter dan lain-lain. Dengan begitu, suara atau hasil siarannya bisa didengarkan secara langsung pada halaman Facebook teman-teman dan relasi kita. (CS/OL-9)


MediaIndonesia

@Radio, Terobosan Telkom di Industri Siaran Radio

Radio Broadcasting (foto: radiofrayM)

JAKARTA
- Telkom memberikan terobosan baru dalam industri penyiaran radio dengan meluncurkan @Radio.

@Radio merupakan hasil kerja sama Telkom dengan mitra inovator 'Zamrud Khatulistiwa Technology'. Teknologi @Radio diharapkan bisa menjadi jawaban bagi komunitas penyiaran radio untuk menghadapi perkembangan global dalam industri radio siaran.

"Teknologi @Radio akan merevolusi dunia penyiaran radio di Indonesia. Penyiar radio semakin mudah menjadi 'great public speaker' yang bebas menentukan gaya siaran. Bahkan radio siaran akan semakin mudah bersenyawa dengan jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter," ujar Vice President Public and Marketing Communication Telkom, Agina Siti Fatimah dalam keterangannya, Rabu (9/3/2011).

Telkom bekerja sama dengan PRSSNI dan didukung e-Broadcasting Institute, menyelenggarakan Program Nasional Kemitraan @Radio. Sasaran program kemitraan adalah industri radio siaran yang telah menjadi anggota PRSSNI di seluruh wilayah Indonesia. Program bertujuan untuk memberikan pinjaman lunak kepada industri radio siaran. Hal itu merupakan kewajiban CSR (Corporate Social Responsibility) Telkom.

Pinjaman itu dapat digunakan untuk melakukan transformasi bisnis radio melalui layanan @Radio sehingga stasiun Radio mitra binaan dapat melakukan inovasi proses bisnis, inovasi model bisnis, dan membangun ekosistem radio baru secara kolaboratif. Layanan @Radio bukan hanya membangkitkan industri siaran radio namun juga akan menunjang ekonomi kreatif secara nasional dengan prinsip long tail economic. Sehingga ekonomi kreatif yang mencakup berbagai jenis industri kreatif dapat meningkatkan kontribusinya bagi perekonomian nasional secara signifikan.

"Industri Radio siaran sebagai subsektor dalam industri kreatif nasional sangat berpotensi untuk dikembangkan. Kapasitas dan layanan @Radio akan meningkatkan efektifitas dan nilai tambah yang terkait dengan rantai nilai dalam industri radio siaran," jelas Agina. Rantai nilai tersebut meliputi usaha kreasi, produksi, distribusi, dan komersialisasi.

Dengan layanan @Radio maka rantai kreasi stasiun radio siaran bisa menciptakan ide-ide konten yang lebih segar dan efisien. Selain itu @Radio juga akan membantu penguatan tatanan regulasi yang sesuai untuk sistem stasiun berjaringan yang adaptif dengan jejaring sosial. Layanan @Radio juga akan menguatkan kapasitas SDM radio serta bisa mengembangkan lembaga pendidikan dan pelatihan di daerah-daerah. Eksistensi @Radio akan mendorong industri rating lebih sehat dan berkeadilan. Karena industri radio siaran bisa mengelola segmentasi pendengarnya secara efektif.

"Fitur-fitur yang dimiliki @Radio akan mentransformasikan proses bisnis dan daya inovasi SDM radio siaran sehingga proses bisnis dan proses kreatif menjadi lebih efektif dan berdaya saing global," ujar Agina.

Trend konvergensi TIK dan Media menurut Agina terus bergerak merevolusi dunia. Akibatnya Vox Populi atau suara publik semakin teresonansi menjadi kekuatan yang luar biasa untuk mengadakan perubahan. Resonansi itu akan semakin kuat dan menjalar dalam waktu yang cepat karena tersedianya layanan teknologi dan inovasi penyiaran terbaru yang dikembangkan Telkom bersama PT. Zamrud Khatulistiwa Technology.

Fitur unggulan dalam @Radio akan mengakselerasi user creates contents (UCC). Dalam konteks ke-Indonesian yang memiliki beraneka ragam budaya, tentunya hal itu akan meningkatkan nilai tambah ekonomi. Adapun tujuh fitur utama dalam @Radio adalah sebagai berikut,

1. Dynamics live streaming, fitur ini mendukung operasi penyiaran radio dimana seluruh 'stakeholder radio' yang terlibat dari mulai crew, pendengar, hingga pemasang iklan, secara terintegrasi dapat bekerja, mendengarkan, dan lainnya, sambil monitor rundown acara, iklan, judul lagu dan nama penyanyi secara dinamis via website radio.
Contextual podcast streaming, fitur ini memudahkan para pendengar untuk memilih hasil produksi seni siaran yang tersedia. Hasil produksi itu bisa dilihat dan didengar secara on demand.

2. Stay tune social marketing, fitur ini memudahkan berbagai pihak melakukan promosi hasil produksi seni siaran radio kepada teman-teman dan relasinya dengan cara mengunggah atau mempublish di Facebook, Twitter dan lain-lain. Dan untuk selanjutnya suaranya atau hasil siarannya bisa didengarkan secara langsung pada halaman Facebook teman-teman dan relasi kita.

3. Multirequest integration, fitur ini memudahkan proses interaksi dengan pendengar tanpa repot-repot harus membuka satu persatu masing-masing aplikasi spt Facebook, Twitter, web maupun sms. Karena multi request integration terangkum hanya dalam satu halaman web secara praktis.

4. Listening everywhere broadcasting anywhere, fitur ini memungkinkan setiap orang bisa mendengarkan radio tidak harus menggunakan radio. Siaran radio dapat diakses dengan HP, iPad, iPphone, Galaxi Tab, dan lain-lain. Dan bisa didengarkan dimana saja. Teknologi @radio memudahkan dalam operasional dan manajemen siaran, pengelolaan siaran bisa dilakukan secara jarak jauh dimana saja tidak harus berada kantor, menjadikan new live stile lebih cerdas dan menarik.

5. Radio business innovations, fitur ini memungkinkan pendengar bisa mengakses konten premium, juga bisa menyusun play list content audio untuk mendengarkan kapan saja any time. Hal ini menjadi konsep baru penyiaran, “one to one broadcasting”. Dan yang pasti

6. PT Telkom dan mitra inovatornya pada saat ini sedang mengembangkan user generate cotent integration dan fasilitas send play list untuk dikirim kepada teman teman kita, sehingga fitur ini membuat kondisi 'everybody can be broadcaster'. Selain itu, fitur ini juga menjadikan pemasang iklan lokal dengan mudah dapat menawarkan produknya melalui portal radio yang disertai teks, gambar, suara, animasi maupun video yang lebih kreatif dan dapat diakses lebih lama dengan jangkauan yang lebih luas sesuai dengan prinsip viral marketing.

7. Radio on applications market, fitur ini menjadikan aplikasi radio dapat di down load melalui market aplikasi yang dimulai dari Android market selanjutnya ke market aplikasi popular lainnya seperti Apple store hingga market SmartTV seperti GoogleTV dan Telkom IPTV sehinga untuk mendengarkan radio cukup meng klik widget atau shorcut dari radio kesayangan kita.

Fitur-fitur tersebut akan terus dikembangkan melalui integrasi fitur berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence. Sehingga tidak lama lagi @Radio memiliki kemampuan 'Voice Control & Respond' atau disebut Radio 3.0. (srn)


Okezone

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More