blog-indonesia.com

Kamis, 03 Maret 2011

Qualcomm Bantu Enam Sekolah

TEMPO Interaktif, Jakarta -Qualcomm merampungkan program bantuan teknologi informasi yang diberikan di lima SMA di Way Kanan, Lampung, dan satu SMA di Pacitan, Jawa Timur. Program ini telah berlangsung selama lima tahun.

Bantuan tersebut telah berlangsung secara simultan di enam SMA di Way Kanan yakni SMAN 1 Buay Bahuga, SMAN 1 Rebang Tangkas, SMAN1 Pakuan Ratu, SMAN1 Negara Batin dan SMAN1 Negeri Besar serta Madrasah Aliyah Salafiyah Tremas Pacitan.

Pada 2006 lalu mereka mendapatkan belasan komputer, modem EVDO, dan pendampingan tentang teknologi informasi.

Country Manager Qualcomm, Harry K Nugraha, mengatakan bantuan ini diberikan secara berkelanjutan dan mendorong mereka lebih mandiri.

"Kami mengembangkan mulai grup komunitas di antara mereka dan mendorong efek berantai untuk mendapatkan pengetahuan teknologi informasi," ujar Harry kepada Tempo di sela-sela pemberian hadiah lomba partisipasi sekolah di Gedung WTC, Jakarta, Kamis (3/3).

Dia menceritakan saat awal program ini mereka memberikan bantuan komputer dan membangun infrastruktur. Saat itu mereka mendapatkan sinyal GPRS dari salah satu operator dengan kapasitas 700 Kbps dari modem EVDO Qualcomm.

Qualcomm juga menggandeng Cisco dan lembaga nirlaba AED untuk membantu murid-murid sekolah tersebut. Dengan pendampingan, mereka mempunyai kemampuan memakai komputer, Internet termasuk membuat video untuk kepentingan mereka sendiri.

Para guru mendapatkan workshop teknologi informasi dalam kurun waktu empat hingga enam bulan dan menularkan ke murid-muridnya.

Harry mengatakan Qualcomm tidak akan memperpanjang program tersebut. Namun Qualcomm akan memberikan tool kit program pendampingan kepada perusahaan-perusahaan yang berkeinginan untuk melakukan hal serupa. Tool kit tersebut juga diserahkan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk disebarluaskan.

Selain program pendidikan, Qualcomm juga bekerja sama dengan PT Bakrie Telecom, PT Ruma dan Grameen Foundation untuk menjalankan aplikasi pencarian kerja di ponsel Esia. Program ini masih berlangsung dan akan segera diluncurkan secara komersial.[DIAN YULIASTUTI]


TEMPOInteraktif

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More