blog-indonesia.com

Selasa, 15 Maret 2011

Kalau Indonesia Hendak Bangun PLTN, Wilayah yang Cocok adalah Kalimantan dan Babel

PLTN Fukushima

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Indonesia tidak perlu takut dan khawatir untuk membangun reaktor nuklir untuk pembangit listrik tenaga nuklir (PLTN). Pakar Nuklir ITB Prof Dr Zaki Su'ud, ada beberapa wilayah di Indonesia yang memiliki potensi nuklir cukup banyak di antaranya Kalimantan, Bangka Belitung, dan beberapa wilayah lain.

Ia memperkirakan pemerintah Indonesia paling cepat bisa membangun reaktor nuklir pada tahun 2018 atau 2020. "Memang secara ahli negara kita sudah banyak memiliki ahli nuklir yang bekerja di pabrik nuklir. Jadi Indonesia paling cepat membangun reaktor nuklir antara tahun 2012 atau 2020," katanya.

Pasalnya, ada beberapa wilayah di Indonesia yang aman dari potensi gempa seperti Kalimantan, Bangka Belitung dan Pulau Jawa bagian utara.

Terkait ledakan reaktor nuklir di Jepang yang diakibatkan oleh gempa, ia menjelaskan, hampir semua reaktor nuklir di Jepang dirancang bisa menahan goncangan gempa sampai 8,5 skala richter. "Meledaknya reaktor nuklir di Jepang kemarin di luar dugaan, karena saat membangun reaktor nuklir mereka merancangnya tahan goncangan gempa hingga 8,5 skala richter, tapi gempa yang terjadi kemarin mencapai 9 skala richter," ujar Zaki Su'ud.


Republika

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More