blog-indonesia.com

Selasa, 01 Maret 2011

"Belum Ada Bangunan Bentuk Piramid di Jabar"

Temuan di sekitar Bandung lebih banyak berupa peninggalan dari masa prasejarah.

Gunung Lalakon Bandung (Yayasan Turangga Seta) (Turangga Seta)

VIVAnews
- Sekelompok orang yang tergabung dalam Yayasan Turangga Seta mengklaim telah menemukan piramida besar yang tersembunyi di beberapa bukit di berbagai tempat di Indonesia. Salah satunya dianggap ada di Gunung Lalakon, desa Jelegong, kecamatan Kotawaringin, kabupaten Bandung, Jawa Barat dan Gunung Sadahurip, Garut, Jawa Barat

Namun, Departemen Arkeologi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia mengaku belum mengetahui kepastian temuan cagar budaya tersebut.

Kepala Departemen Arkeologi FIB UI DR Irmawati Marwoto mengatakan belum ada penelitian terhadap bukit piramida tersebut, karena belum ditemukan bukti sejarah atau arkeologi yang mendukung kebenaran temuan tersebut.

"Kami belum tahu ya. Karena yang kami tahu, temuan di sekitar situ itu lebih banyak ditemukan peninggalan dari masa prasejarah. Jadi belum tahu tentang keberadaan adanya bangunan, apalagi berbentuk piramid," kata Irmawati saat dihubungi VIVAnews.

Irma kemudian menjelaskan, bangunan berbentuk menyerupai Piramid di Indonesia baru ditemui dari bangunan candi Sukuh, Jawa Tengah. "Setahu saya memang belum ada bangunan berbentuk piramid lain yang ditemukan," jelasnya.

Selain itu, selama ini temuan berupa bangunan di sekitar Jawa Barat baru sedikit yang dapat diidentifikasi. "Di sekitar Jawa Barat itu ada Candi Batujaya di Karawang," jelas Irmawati.

Candi Batujaya merupakan candi yang terbuat dari batu bata, dan diduga merupakan peninggalan masa Hindu-Buddha pada abad ke-4 atau ke-5. (sj)


VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More