blog-indonesia.com

Senin, 21 Februari 2011

Tinggi Gelombang di Barat Bengkulu Lima Meter

BENGKULU--MICOM: Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika Bengkulu memprakirakan tinggi gelombang laut di Samudra Hindia barat Bengkulu 12 jam ke depan berkisar antara dua hingga lima meter.

Sedangkan hembusan angin dari arah Barat sampai utara dengan kecepatan antara 10-28 knot atau rata-rata 50 kilometer per jam, kata analis BMKG pada stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Rosyidah, Senin (21/2).

Gelombang tinggi lima meter itu, katanya, membahayakan seluruh perahu nelayan dan jenis tingkang lainnya, dengan demikian diimbau nelayan untuk mewaspadai gelombang tinggi tersebut.

Sedangkan tinggi gelombang di perairan Bengkulu diperkirakan antara 0,75 hingga tiga meter dan hembusan anginnya berpeluang dari arah Barat sampai Timur laut dengan kecepatan antara 03-22 knot.

Pada peringatan dini BMKG Bengkulu 12 jam ke depan menyebutkan, gelombang tinggi antara 2,5 hingga tujuh meter berpeluang terjadi sebagian perairan Bengkulu, Enggano hingga perairan Lampung.

Sedangkan prakiraan di Samudra Hindia barat Bengkulu hingga selatan Nusa Tenggara tinggi gelombangnya antara tiga hingga enam meter, ujarnya.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu berpeluang cerah dan berawan, dengan suhu udara antara 24 hingga 32 derajatCcelcius dan kelembabannya antara 60-94 persen.

Seorang pengusaha ikan di kawasan Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu Akeng mengatakan, dengan adanya peringata dini dari BMKG itu, maka seluruh nelayan anak buah kapal diinstruksikan untuk pulang.

Bagi yang belum berangkat akan ditunda sampai prakiraan gelombang normal karena gelombang di wilayah Bengkulu sangat rawan angin kencang dan badai dadakan, katanya. (Ant/ip/OL-04)


MediaIndonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More