blog-indonesia.com

Kamis, 10 Februari 2011

Tanoto Selenggarakan Student Research Award

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Tanoto Foundation menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) menyelenggarakan Tanoto Student Research Award (TSRA), dengan tujuan menghasilkan inovator dan peneliti muda yang dapat memberikan karya‐karya terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Tahun 2010 merupakan bentuk kegiatan ke empat Tanoto Foundation dan ITB menyelenggarakan TSRA, dan telah menghasilkan 12 pemenang dengan beragam penelitian yang sangat inovatif dan kreatif.

Untuk tahun 2010, terdaftar 18 himpunan mahasiswa yang mendaftarkan penelitian mengikuti TSRA. Dari 18 himpunan, telah terpilih 7 finalis himpunan mahasiswa yang menerima dana penelitian dari Tanoto Foundation untuk melakukan penelitiannya selama kurun waktu 6 – 8 bulan. Setelah itu, finalis diwajibkan untuk melakukan presentasi dihadapan dewan juri.

Dewan juri TSRA 2010 yang terdiri dari dosen perwakilan jurusan ITB dan Tanoto Foundation memutuskan 3 pemenang, juara pertama diraih Keluarga Mahasiswa Teknik Industri, dengan penelitian mengenai: Perancangan MCK untuk Pemukiman Padat Penduduk dan Daerah Bencana untuk Perbaikan Kualitas Hidup

Juara kedua diraih Himpunan Mahasiswa Prodi Teknik Fisika, dengan penelitian mengenai: Pembuatan Sensor Liquified Petroleum Gas (LPG) Menggunakan Lapisan Tipis Zinc Oxide untuk Aplikasi Detektor Kebocoran LPG pada Rumah Tangga
Sedang juara ketiga jatuh pada Himpunan Mahasiswa Prodi Biologi, dengan penelitian mengenai: Aplikasi Teknologi Membran‐Biosorpasi dalam Proses Ekstraksi Padatan Logam (Cr,Cu,Zn,Ni dan Fe) dari Limbah Cair Industri Tekstil di Daerah Rancaekek, Kab. Bandung

Berdasarkan data World Bank tahun 2004, disebutkan bahwa jumlah peneliti Indonesia mencapai 207 peneliti per 1 juta penduduk, jauh lebih kecil dibandingkan negara‐negara ASEAN lainnya, seperti Thailand, Malaysia, Filipina, Vietnam, Singapura dan Korea Selatan.

Menurut Ketua Pengurus Tanoto Foundation Sihol Aritonang Tanoto Foundation melihat dukungan pengembangan penelitian oleh mahasiswa merupakan kerjasama yang sangat strategis karena berkontribusi pada pendidikan untuk Pembangunan Nasional, serta meningkatan kualitas pendidikan di tingkat nasional maupun internasional.


Tribunnews

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More