blog-indonesia.com

Senin, 28 Februari 2011

Rp 50 Miliar Untuk Nuklir Babel

Ilustrasi

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com
- Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) mengalokasikan Rp 50 miliar untuk studi kelayakan pembangunan PLTN di Kepulauan Bangka Belitung. Lembaga itu juga mempertimbangkan kerjasama dengan Universitas Bangka Belitung untuk menyiapkan tenaga ahli.

Kepala BATAN, Hudi Hastowo mengatakan, alokasi itu setara 1/8 anggaran BATAN untuk tahun 2011. Anggaran studi kelayakan itu untuk memantapkan rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di Kepulauan Bangka Belitung (Babel). "PLTN di Babel akan jadi PLTN pertama di Indonesia," ujarnya di Pangkal Pinang, Senin (28/2/2011).

BATAN juga akan mempertimbangkan kerja sama dengan Universitas Bangka Belitung untuk menyiapkan tenaga teknis dan tenaga ahli PLTN di Babel. Dengan demikian, warga Babel bisa terlibat dalam pengoperasian PLTN. "Semua itu komitmen BATAN untuk pengembangan energi nuklir di Babel," ujarnya.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel berambisi membangun dua PLTN dalam 12 tahun ke depan. Reaktor akan dibangun di Tanjung Kerasak, Bangka Selatan dan Muntok, Bangka Barat. Uji tapak sudah dilakukan di lokasi yang direncanakan sebagai tempat pembangunan PLTN.

Bangka dinilai layak untuk PLTN karena relatif bebas dari bencana alam yang membahayakan PLTN seperti gempa, letusan gunung berapi, dan tsunami. Sampai saat ini, tiga jenis bencana itu tidak pernah terjadi di Bangka.


KOMPAS

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More