blog-indonesia.com

Selasa, 22 Februari 2011

Rektor UI Raih Doktor Politik

Rektor UI, Gumilar Rusliwa Somantri (FOTO ANTARA/Wildan Anjarbakti )

Depok (ANTARA News) - Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof Dr der Soz Gumilar Rusliwa Somantri menerima penghargaan Doktor Honoris Causa dalam bidang ilmu politik dari Chonbuk National University (CBNU), Korea Selatan.

"Penghargaan ini merupakan penghargaan ketiga yang diperoleh oleh putra bangsa Indonesia dari Negeri Gingseng itu," kata Kepala Kantor Sekretariatan Pimpinan UI, Devie Rahmawati, melalui surat elektronik dari Kota Jeounju, Korea Selatan, Selasa.

Dikatakannya, penghargaan itu tidak hanya merupakan sebuah penghargaan bagi Rektor UI dan UI, namun juga merupakan sebuah penghargaan bagi Indonesia yang merupakan negara besar yang kelak bersama-sama negara Asia lainnya akan memimpin peradaban dunia menuju peradaban Asia yang maju, beradab dan humanis.

Sebelumnya kata dia, putra Indonesia yang menerima penghargaan tersebut adalah Sri Sultan Hamengkubowono X dan Prof Dr BJ Habibie yang menerima Doktor Honoris Causa masing-masing dari Hankuk University of Foreign Studies dan Chungbuk National University.

Ia mengatakan, prosesi penerimaan penghargaan dilakukan di hadapan kurang lebih 3.500 wisudawan dari CBNU, yang termasuk dalam kategori 10 universitas terbaik di Korea Selatan ini.

Menurut dia, penghargaan diberikan kepada Gumilar yang dinilai telah berhasil meningkatkan hubungan Indonesia-Korea dalam kerangka kerja sama bidang Pendidikan.

Selama ini hubungan Indonesia-Korea didominasi aspek ekonomi yang tercermin dalam neraca perdagangan yang terus meningkat selama 10 tahun terakhir.

Kerja sama Pendidikan Indonesia-Korea sebenarnya telah lama dirintis, yaitu pada tahun 1964 dengan dibukanya Program Studi Indonesia di Hankuk University of Foreign Studies (HUFS).

Jumlah lulusan mahasiswa asal Korea di HUFS dalam kurun waktu 36 tahun (1964-2010) untuk program studi Indonesia sekitar 3.000 mahasiswa Korea.

Dalam tiga tahun terakhir ini memang terjadi inisiatif peningkatan kerjasama pendidikan Indonesia-Korea dalam bidang pendidikan yang dilakukan UI bersama banyak universitas di Korea, di antaranya Seoul National University, Korea University, Yonsei University, Hanyang University, Seoul National University for Science and Technology dan sebagainya.

"Kerja sama pendidikan ini menjadi sangat strategis bagi Indonesia, mengingat investasi Korea di Indonesia meningkat tajam, dan mengungguli investor-investor lain seperti Jepang, Amerika dan Eropa," katanya.(F006)



ANTARAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More