blog-indonesia.com

Minggu, 13 Februari 2011

Menyongsong Era Komputasi Awan

TEMPO Interaktif, Jakarta - Apa itu cloud computing (komputasi awan)? Istilah ini sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bagi mereka yang "bergelut" dengan Internet. Mengambil definisi yang dibuat National Institute of Standards and Technology, sebuah lembaga yang menetapkan standar dan teknologi di Amerika Serikat menyatakan komputasi awan merupakan model akses jaringan bersama dengan konfigurasi sumber daya yang menggunakan jaringan, server, storage (tempat penyimpanan data), aplikasi, dan layanan yang dapat digunakan setiap saat.
Masih bingung? Supaya mudah dicerna, sebaiknya langsung ke contoh penerapan cloud computing saja. Apabila Anda memiliki akun e-mail atau Facebook, misalnya, Anda dapat mengakses akun tersebut di mana pun, kapan pun, dan dengan perangkat apa pun asalkan terhubung dengan Internet. Artinya, perusahaan tempat Anda membuat akun itu telah menerapkan komputasi awan. Anda tidak perlu pusing memikirkan di mana mereka menyimpan data atau dengan teknologi apa jaringan itu bisa berjalan. Yang penting, Anda dapat mengakses informasi yang diinginkan dengan cepat dan aman.

Kecepatan dan keamanan menjadi isu penting dalam dunia cloud computing. Menurut General Manager Hewlett-Packard (HP) Software untuk Asia Tenggara, Damien Wong, setiap perusahaan penyedia solusi teknologi informasi tentu mengedepankan dua soal itu. "Tentunya klien akan kecewa jika sistem berjalan lambat atau ada risiko kehilangan data," katanya di Jakarta, Kamis lalu.
Mengenakan kemeja hitam dan jas berwarna senada, Wong menjawab setiap pertanyaan tentang berbagai peranti lunak buatan HP yang mendukung sistem cloud computing dengan tangkas. Berikut ini petikannya.

Bagaimana menurut Anda penerapan cloud computing di Indonesia?
Sejauh ini sudah cukup banyak perusahaan yang menggunakan layanan kami, khususnya untuk private cloud, misalnya perusahaan perbankan, telekomunikasi, dan manufaktur. Intinya, setiap usaha yang berbasis information technology pasti menerapkan komputasi awan.

Apa yang ditawarkan HP dalam memberikan solusi IT?
Pada software, kami memiliki berbagai aplikasi yang andal, seperti HP Application Lifecycle Management, di mana pengguna dapat mengatur sendiri daur hidup aplikasi yang mereka gunakan, mulai merencanakan, membangun, dan menerapkan aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan bisnis.
Supaya kinerja aplikasi bisa berjalan dengan cepat, Application Lifecycle Management memiliki fitur HP LoadRunner. Fitur ini biasanya digunakan pada aplikasi yang memiliki traffic tinggi. Contohnya pada layanan Internet banking, nasabah paling banyak mengakses informasi saldo atau pengiriman dana, maka di situlah HP LoadRunner akan bekerja maksimal. Kami sudah pernah membuktikannya pada sebuah bank di Singapura. Ketika menerapkan fitur HP LoadRunner, aktivitas Internet banking mereka meningkat sampai 600 persen dalam tempo dua minggu.

Bagaimana jika terjadi kelebihan kapasitas sehingga mengakibatkan sistem berhenti bekerja?
Apabila terjadi lalu lintas data yang begitu padat pada satu layanan sampai membuat sistem mati, dibutuhkan waktu sekitar empat jam untuk memulihkannya karena harus dicari dulu bagian mana yang menyebabkan kekacauan itu. Untuk mencarinya, kami memiliki HP Diagnostic Tools Software, yang dapat mendeteksi unit yang mengalami kepadatan arus data.

Apakah cloud computing dengan lalu lintas informasi serta data yang begitu besar dan aplikasi yang sangat banyak bisa "berkompromi" dengan bandwidth yang relatif kecil?

Bandwidth memang menjadi "barang berharga" di dunia IT dan dikenal mahal. Tapi sebenarnya cloud computing bisa menyiasati terbatasnya frekuensi transmisi ini. Tentunya tidak semua perusahaan menggunakan seluruh aplikasi yang ada pada sistem komputasi awannya. Untuk "meringankan" beban, pengguna dapat memilih dan memilah aplikasi mana saja yang sering mereka gunakan dan yang sudah "usang".
HP memiliki Software Applications Portofolio Management, yang mampu membaca kinerja aplikasi mana yang sering dipakai, sesekali dipakai, atau menganggur. Dari situ, pengguna dapat memutuskan apakah aplikasi ini dipertahankan atau dihapus.

Sistem keamanan seperti apa yang diterapkan HP?
Sekarang ini sering kita dengar terjadi pencurian informasi melalui Internet. Kami mengantisipasinya dengan cara membenamkan sistem keamanan khusus pada aplikasi. Jadi bukan hanya sistemnya yang diberi pengamanan, tapi sampai pada aplikasinya.[Rini Kustiani]


TEMPOInteraktif

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More