blog-indonesia.com

Jumat, 21 Januari 2011

Wow, Pemerintah Tawarkan Investasi Nol Risiko

Batam (ANTARA News) - Pemerintah menawarkan instrumen investasi individual Sukuk Ritel SR-003 dengan nol risiko kepada masyarakat.

"Sukuk ritel ini dengan risiko nol," kata Kepala Subdit Pengembangan Pasar SBSN Direktorat Syariah Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan, Langgeng Basuki di Batam, Jumat.

Langgeng mengatakan investasi yang ditawarkan adalah dengan masa tenor tiga tahun dan imbalan tetap yang diberikan setiap bulan. Namun, persentase imbalan baru akan ditentukan pemerintah pada 2 Februari 2011.

"Persentase akan ditetapkan berdasarkan BI Rate yang berlaku, dan biasanya lebih tinggi dibanding bunga deposito," katanya.

Ia menjelaskan sukuk negara ritel adalah surat berharga negara yang diterbitkan berdasarkan prinsip syariah, sebagai bukti atas penyertaan terhadap aset SBSN, baik dalam mata uang rupiah maupun valuta asing.

Untuk Sukuk SR-003 yang ditawarkan pada 2011, ia mengatakan pemerintah menyiapkan underriying tanah dan bangunan Rp10,8 triliun.

Mengenai jumlah Sukuk SR 003 yang ditawarkan, ia mengatakan baru akan diumumkan Menteri Keuangan nanti.

Sementara itu Kepala Divisi Pengembangan Usaha PT Bursa Efek Indonesia Heri Purnomo mengatakan, dari sisi tingkat suku bunga, Sukuk Ritel lebih menguntungkan sebab besarannya jauh lebih besar ketimbang suku bunga bank.

"Imbalan Ritel lebih besar contohnya suku bunga ritel SR-001 capai 12 persen, lebih tinggi ketimbang suku bunga tabungan perbankan yang berkisar enam persen," paparnya.

Ia mengatakan penjualan perdana sukuk ritel hanya diperuntukan untuk WNI dengan nilai 100 persen, sedangkan pada pasar sekunder, diperjualkan bebas dengan harga bisa di atas atau di bawah 100 persen.

Pemerintah Indonesia, melalui perusahaan penerbit SBSN Indonesia akan menerbitkan sukuk bunga ritel SR-003 dengan tanggal penerbitan 23 Februari 2011, masa tenor tiga tahun, dan tanggal jatuh tempo 23 Februari 2014.

Sukuk SR-003 ditawarkan dengan nominal per unit Rp1 juta dengan minimum pemesanan Rp5 juta dan kelipatannya, underiying asset berupa barang milik negara (BMN) berupa tanah dan atau bangunan.

Jadwal penerbitan dan penjualan Sukuk Negara Ritel Seri SR-003 yakni, penetapan imbalan/kupon pada 2 Februari 2011, pembukaan masa penawaran tanggal 7 Februari 2011, penutupan masa penawaran 18 Februari 2011, penjatahan 21 Februari 2011 dan setelmen tanggal 23 Februari 2011. (*)


ANTARAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More