blog-indonesia.com

Selasa, 04 Januari 2011

Trafik SMS Tahun Baru Telkomsel Naik 136%

JAKARTA - Sepert halnya operator penyedia layanan telekomunikasi lain, Telkomsel juga mengalami kenaikan trafik saat pergantian tahun. Untuk SMS saja, Telkomsel mengalami peningkatan sekira 136 persen dari jumlah SMS di hari biasa.

"Penggunaan SMS saat tahun baru mencapai 1.800 juta atau melonjak 136 persen dari jumlah SMS hari biasa yang hanya 763 juta per hari. Jika dibandingkan trafik saat tahun baru 2010, pencapaian ini meningkat 89 persen. Kebanyakan mereka mengirim SMS ucapan 'Selamat Tahun baru'. Kondisi tersebut mencerminkan performansi layanan komunikasi Telkomsel dalam kondisi yang sangat optimal di malam pergantian tahun," ujar Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno, dalam keterangannya, Selasa (4/1/2011).

Telkomsel sendiri sudah mengantisipasi kenaikan pengiriman SMS tersebut dengan peningkatan kapasitas SMS Center dari 60.000 SMS/detik tahun lalu menjadi sanggup memproses 80.000 SMS/detik. Secara berturut-turut, trafik SMS paling tinggi terjadi pada tanggal 31 Desember 2010 sebanyak 950 juta SMS, lalu tanggal 1 Januari 2011 sekira 848 juta SMS.

Sementara itu, penggunaan layanan komunikasi untuk menelpon meningkat menjadi 310 juta panggilan pada puncak pergantian tahun, di mana trafik yang sukses dilayani 1.080 juta menit atau melonjak 13 persen dibanding trafik suara di hari normal. Sedangkan untuk layanan MMS terjadi kenaikan trafik sebesar 75 persen menjadi 1.100 ribu MMS dari trafik MMS sehari-hari 630 ribu MMS. Sementara untuk layanan data, terjadi penurunan trafik sebesar 11 persen menjadi 56 Tera Bytes dari trafik data sehari-hari 63 Tera Bytes per hari.

Jika dibandingkan dengan awal tahun 2010, trafik layanan suara di awal tahun ini naik sekitar 29 persen, yang diikuti dengan peningkatan trafik untuk layanan data sebesar 100 persen. Hal ini disebabkan oleh perubahan perilaku komunikasi pelanggan yang lebih suka memanfaatkan layanan data melalui instant messaging (chatting) untuk menyampaikan ucapan 'Selamat Tahun Baru'.

Sarwoto menambahkan, secara umum tidak ada kendala berarti yang dialami Telkomsel dalam menghadirkan kelancaran dan kenyamanan berkomunikasi pelanggan menjelang momen pergantian tahun. Hal ini dikarenakan Telkomsel secara rutin melakukan kegiatan pengecekan jaringan untuk mempersiapkan terjadinya lonjakan trafik komunikasi yang signifikan, yang biasanya terjadi pada setiap Hari Raya Idul Fitri maupun Tahun Baru. (srn)


Okezone

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More