blog-indonesia.com

Senin, 03 Januari 2011

Situs Indonesia Masih Rentan Dibobol

Jakarta - Untuk memelihara situs online, salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah dari segi keamanan. Namun sayang, sejumlah situs di Indonesia terbukti masih lalai sehingga mudah dibobol.

Menurut laporan yang masuk ke meja redaksi detikINET, Senin (3/1/2011), beberapa situs lokal seperti pspspekanbaru.com, indonesianbox.com, citra-media.com, marketplus.co.id dan beberapa situs lainnya terbukti sangat mudah sekali disusupi. Hal ini ditunjukkan dengan penambahan sebuah halaman baru yang dilakukan oleh sang peretas.

Isi halaman tersebut hanya sekadar memperingati celah yang ada pada situs yang diserang, tidak terlihat tanda-tanda bahwa si hacker mempunyai niat jahat dengan melakukan pengrusakan. Namun hal ini tentunya masih bisa disalahgunakan, seperti serangan yang pernah terjadi di situs Malaysia.

Meski bukan tergolong situs online ternama, namun serangan yang terjadi pada situs lokal tersebut membuktikan bahwa masih kurangnya perlindungan yang dilakukan oleh sang Admin.

"Dokumen root seharusnya diubah, jangan mengikuti default web server. Lalu PHP info seharusnya ditiadakan karena bisa memudahkan pihak yang ingin menyerang," saran Dado, salah satu Admin situs online.( eno / ash )


detikInet

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More