blog-indonesia.com

Rabu, 19 Januari 2011

PLTN Dibangun di Pulau Bangka

JAKARTA--MICOM: Badan Tenaga Nuklir Nasional memprioritaskan kegiatannya pada 2011 di Pulau Bangka sebagai lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

"Saat ini Indonesia melaksanakan kegiatan praproyek," kata Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Hudi Hastowo di Gedung DPR/MPR Jakarta, Senin (17/1). Kegiatan praproyek meliputi perencanaan energi nasional bersama Dewan Energi Nasional (DEN), survei infrastruktur nasional, perencanaan partisipasi nasional, survei tapak, dan kajian lingkungan di Bangka, serta program pengembangan SDM.

Indonesia telah melakukan swa-evaluasi terhadap 19 butir infrastruktur yang dipersyaratkan oleh IAEA. Hasil penilaian dari misi IAEA menunjukkan bahwa Indonesia telah menyelesaikan fase pertama dan siap menuju fase kedua.

Mengenai penetapan Bangka sebagai lokasi pembangunan PLTN, Hudi menjelaskan, Bangka jauh dari gunung api aktif. Gunung api terdekat dengan Bangka adalah Gunung Lumut Balai di Lampung yang jaraknya 303 km dari Bangka. Di daerah ini juga tidak pernah ada catatan gempa yang episenternya di Bangka.

Gempa signifikan yang terdekat adalah gempa di Liwa Lampung berkekuatan 7 skala Richter dan kedalaman 23,1 km dengan jarak 302 dari Bangka yang terjadi pada 15 Februari 1994. Karenanya, berdasarkan peta SNI 1726-2002, Bangka termasuk zona Peak Ground Acceleration (PGA) sangat rendah (0,03 g). (Ant/OL-5)


MediaIndonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More