blog-indonesia.com

Selasa, 18 Januari 2011

Orang Indonesia Disejajarkan dengan Aktor Brad Pitt

Henry Saragih. Dok.TEMPO/ Santirta

TEMPO Interaktif
, London -Ketua Umum Serikat Petani Indonesia, Henry Saragih, terpilih sebagai satu dari 20 orang penyelamat Bumi lewat Ethical Awards 2011 yang disponsori oleh Guardian. Henry terpilih lewat kategori Pembela Masyarakat Miskin Desa.

Henry, yang juga kordinator umum organisasi petani dunia La Via Campesina, disebut Guardian sebagai penyelamat pertanian kelas bawah untuk Indonesia dan dunia. Karena pertanian di dunia saat ini, lebih dikuasai oleh para tuan tanah dan perusahaan raksasa. “Henry berani melawan mereka semua,” seperti yang ditulis Guardian Minggu (16/1) lalu.

Guardian memilih 20 orang penduduk dunia yang dianggap berjasa menyelamatkan planet ini, dan akan terus menjadi penyelamat lingkungan untuk puluhan tahun mendatang. Mereka yang dipilih berasal dari berbagai latar belakang seperti aktifis, politikus, sineas, dan selebritis untuk kategori berbeda-beda.

Nama Henry sejajar dengan mereka yang dipilih Guardian. Yaitu Gubernur California Arnold Schwarzenegger, aktor Brad Pitt, Pangeran Charles, bahkan Presiden Bolivia Evo Morales. “Inilah nama-nama orang yang akan menghijaukan planet ini,” tulis Guardian.

Henry pada tahun 2007 sempat terpilih sebagai satu dari 50 penyelawat dunia lewat Guardian juga. Saat itu Guardian terkesan dengan pidato Henry di depan sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa yang tengah membahas kondisi pangan dunia. Henry kala itu memakan kertas pidatonya di hadapan para peserta sidang untuk menunjukkan protes atas kesewenang-wenangan PBB terhadap petani kelas bawah dunia.[Mustafa Silalahi]


TEMPOInteraktif

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More