blog-indonesia.com

Senin, 17 Januari 2011

"Node" BlackBerry Bisa Gantikan Server Lokal

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menyambut baik jika Research In Motion (RIM) akan mendirikan node jaringan BlackBerry di Indonesia untuk melayani pengguna di kawasan ASEAN. Hal tersebut dikatakan Dirjen Pos dan Telekomunikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika Muhammad Budi Setiawan di sela-sela Rapat Dengar Pendapat Kementerian Kominfo, di Komisi I DPR RI, Jakarta, Senin (17/1/2011).

Ia menyatakan node atau network aggregator bisa berfungsi sebagai pengganti server lokal atau data center, yang sebelumnya diminta pemerintah. Kehadiran node ini, menurutnya juga dapat menekan akses bandwith internet internasional dan memudahkan kinerja penegak hukum untuk melakukan penyadapan.

"Dengan node, bandwith jadi lebih murah dan bisa dilakukan law interception memudahkan aparat penegak hukum," ucap Budi.

Ia menjelaskan node tersebut berfungsi sebagai penyederhana lalu lintas data. Node ini juga merupakan titik pengumpul berbagai jaringan yang sebelumnya jaringan tiap operator langsung langsung terkirim ke pusat server RIM di Kanada.

"Fungsinya sama seperti server lokal. Dengan adanya node ini, data akan lebih dulu ke node sebelum menuju Kanada. Jadi aparat penegak hukum kalau mau melakukan penyadapan bisa dilakukan lebih mudah," ujar Budi.

Namun, pendirian node ini baru diwacanakan untuk di Asia Pasifik. Masih belum bisa dipastikan apakah akan didirikan di Indonesia atau tidak.

"Walau mereka bilang itu untuk Asia Tenggara, tapi saya saya optimis, mereka akan bangun di Indonesia karena tahun depan target pengguna BB di Indonesia mencapai 10 juta pengguna," ujarnya.


KOMPAS

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More