blog-indonesia.com

Jumat, 28 Januari 2011

Merah Putih Inc Siap Kembangkan "Startup" Lokal

KOMPAS.com - PT Merah Cipta Media yang selama ini aktif mendorong tumbuhnya startup di Indonesia, mengembangan perusahaan investasi terbarunya, Merah Putih Incubator. Perusahaan investasi ini akan fokus menjadi inkubator bisnis digital di Indonesia yang siap membantu para startup lokal mengembangkan bisnisnya.

Terbentuknya Merah Putih Inc diluncurkan Kamis (27/1/2011) di Hard Rock Cafe, eX Plaza, Jakarta. Sesuai namanya, Merah Putih Incubator akan berperan layaknya inkubator, yakni mendukung dan menjaga lingkungan bisnis digital hingga tercipta kemantapan dalam bisnis ini. Dukungan ditujukan kepada startup bisnis digital yang berpotensi.

"Kami ingin memastikan bahwa para startup sesama kita mulai memiliki dukungan yang mereka butuhkan dan ekosistem untuk mengembangkan perusahaan mereka," ungkap Danny Wirianto, Chairman Merah Putih Inc. Dukungan mencakup pengembangan bisnis, pengawasan jalannya usaha, pengembangan strategi marketing, infrastruktur, dan pendanaan.

CEO Merah Putih Inc Anthony Liem menambahkan, "Pengembangan strategi marketing misalnya membantu bagaimana caranya membuat branding yang bagus untuk bisnis web yang dimiliki. Hal lainnya misalnya bagaimana caranya membuat pengiklan tertarik pada web tersebut sehingga bisa meningkatkan revenue yang diperoleh."

Sementara, dalam hal pendanaan, Anthony mengatakan bahwa Merah Putih Inc akan membantu pada tahap awal. Pada saatnya bisnis telah menjadi lebih stabil, startup akan dilepaskan hingga bisa mengelola mandiri. Merah Putih Inc juga memiliki jaringan investor yang siap berinvestasi pada startup yang berpotensi.

Merah Putih Inc mengusung tagline "Ignites the Idea". CEO Merah Putih Inc Anthony Liem mengungkapkan, "Jadi kita ingin membakar ide-ide yang dimiliki para startup sehingga bisa dijalankan. Enggak cuma bertahan sebagai ide. Kita percaya para startup memiliki banyak ide yang sangat kreatif yang bisa diwujudkan."

Anthony mengungkapkan, Merah Putih Inc sebenarnya telah terbentuk sejak pertengahan 2010 lalu. Ia mengatakan, salah satu latar belakangnya adalah adanya web lokal yang masih kesulitan dalam mendapatkan revenue, terutama dari iklan. Hanya sekitar 5-6 web yang pendapatan iklannya bisa diandalkan, sementara yang lain masih kesulitan.

Hingga sekarang, Merah Putih Inc telah menginkubasi enam startup lokal. Keenamnya meliputi Daily Social, Lintas Berita, Info Kost, Bolabob, Adsonit, dan KrazyMarket. Dikatakan, setelah diinkubasi oleh Merah Putih Inc, web-web tersebut sangat berkembang, dilihat dari jumlah visitor, page view, dan strategi bisnisnya.

Beberapa orang di balik Merah Putih Inc adalah Danny Wirianto sebagai Chairman, Herman Kwok sebagai CMO, Anthony Liem sebagai CEO, dan David Wayne Eka sebagai Senior Vice President.


KOMPAS

Bidik "Startup" di 4 Sektor Bisnis Digital

JAKARTA, KOMPAS.com - Merah Putih Incubator, sebuah firma investasi yang didirikan PT Merah Cipta Media telah dibentuk untuk membantu para startup lokal dalam mengembangkan bisnisnya. Bantuan atau inveastasi meliputi dukungan infrastruktur seperti kantor dan koneksi internet), konsultasi bisnis, hingga pendanaan.

Tentu ada prioritas jensi usaha yang dilirik. CEO Merah putih Inc Anthony Liem, di Jakarta, Kamis (27/1/2011) mengungkapkan bahwa investasi perusahaan akan difokuskan pada 4 sektor bisnis digital. Masing-masing meliputi community based, mobile platform, e-commerce, dan games. Keempatnya dinilai yang paling cocok karakter konsumen dan gaya hidup di Indonesia.

"Sektor mobile platform, misalnya, kita fokuskan karena perrkembangannya bagus. Orang sekarang banyak yang mengakses internet dari handphone. Orang-orang di daerah juga sudah menggunakan handphone untuk mengakses internet. Penetrasi handphone ini lebih besar dari komputer," kata Liem.

Sementara itu, lanjut dia, community based dibidik karena sesuai dengan budaya orang Indonesia yang gemar membentuk komunitas, berkumpul, dan berbincang. Sektor e-commerce juga menjadi fokus karena diperkirakan akan terus berkembang dan berpotensi membantu penjual dalam pemperluas jangkauan penjualannya.

"Area seperti e-commerce (transaksional) dan games (permainan) adalah kemajuan dari perilaku online Indonesia saat ini. Kami ingin memastikan bahwa kita siap untuk mengantisipasi hal tersebut dengan beberapa solusi dari kami yang berkualitas," tandas Liem.

Dalam berinvestasi, Merah Putih Inc akan berbagi saham dengan pemilik bisnis startup serta terlibat dalam membangun konsep pengembangan bisnis. Hingga saat ini, telah ada 6 startup yang diinkubasi oleh Merah Putih Inc, meliputi Daily Social, Lintas Berita, Info Kost, Bolabob, Adsonit, dan KrazyMarket.

Untuk memilih startup yang akan diinkubasi, CEO Merah Putih Inc Anthony Liem mengungkapkan akan melihat kualitasnya. "Jadi kita tidak menargetkan secara jumlahnya, namun lebih melihat kualitas dari web yang dibuat," papar Anthony. "Namun, visi ke depannya, 3-5 tahun mendatang, kita berharap ada 30 startup yang bisa diinkubasi. Tapi tetap kita tidak hanya mengejar jumlahnya saja," pungkas Anthony.


KOMPAS

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More