blog-indonesia.com

Kamis, 13 Januari 2011

Mahasiwa UNY Sulap Jantung Pisang Jadi Bakso Bergizi Tinggi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Selama ini masyarakat lebih suka memanfaatkan bagian pohon pisang hanya buah dan daunnya saja, meskipun dari batang hingga jantungnya juga memiliki manfaat banyak.

Jantung pisang (bagian depan dari tangkai buah pisang) atau kadang disebut bunga pisang selama ini juga hanya dimanfaatkan masyarakat sebagai bahan baku sayur untuk beberapa jenis sayur. Tetapi di tangan tiga mahasiswi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakulta Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), jantung pisang tersebut disulap menjadi bakso yang memiliki kandungan gizi yang tinggi dan juga enak.

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Reni Agustina, Yanustiana Nur Pratomo, Cahyani Eka Romadhoni dan Wiworo Retnadi Rias Hayu. Ketiga mahasiswi ini melakukan beberapa kali percobaan hingga menemukan adonan dan resep yang pas untuk membuat bakso jantung pisang tersebut.

Menurut Yustina, berdasarkan penelitian labolatorium dan kajian ilmiah melalui beberapa literatur, jantung pisang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Selain itu kata dia juga mengandung protein, mineral terutama fosfor, kalsium, dan besi, serta sejumlah vitamin A, B1 dan C.

“Komponen penting lainnya yang terdapat pada jantung pisang adalah serat pangan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan," terangnya.

Selain itu lanjutnya, beberapa penelitian menunjukkan, serat pangan sangat bermanfaat untuk memperlambat kecepatan pencernaan dalam usus sehingga aliran energi ke dalam tubuh menjadi tetap, memberikan perasaan kenyang yang lebih lama, membantu mengendalikan berat badan dengan memperlambat munculnya rasa lapar, mengurangi risiko penyakit jantung, serta mengikat lemak dan kolesterol. "Karenanya bakso jantung pisang ini bagus dikonsumsi oleh vegetarian, penderita darah tinggi, dan kolesterol tinggi," tambahnya.


Republika

Begini Cara Pengolahan Bakso Jantung Pisang Ala Mahasiwa UNY

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Reni Agustina, Yanustiana Nur Pratomo, Cahyani Eka Romadhoni, dan Wiworo Retnadi Rias Hayu, mahasiswi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakulta Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), mengolah jantung pisang menjadi bakso bergizi tinggi.
Selama ini masyarakat lebih suka memanfaatkan bagian pohon pisang hanya buah dan daunnya saja, meskipun dari batang hingga jantungnya juga memiliki manfaat banyak.

Pembuatan bakso jantung pisang dilakukan dengan cara merebus jantung pisang kemudian digiling sampai halus. Jantung pisang yang telah digiling halus lalu dicampur dengan tepung terigu, bumbu dan daging sapi giling. Setelah bahan tercampur rata, bahan tersebut dibentuk bulat lalu direbus dalam air yang juga diberi bumbu. Tunggu sampai matang, bakso siap dihidangkan.

"Pembuatanya mudah dan murah, semua orang bisa apalagi semua bahan mudah untuk diperoleh. Jantung pisang banyak terdapat dimana-mana," terang Yustina.

Berdasarkan penelitian labolatorium dan kajian ilmiah melalui beberapa literatur, jantung pisang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Selain itu kata dia juga mengandung protein, mineral terutama fosfor, kalsium, dan besi, serta sejumlah vitamin A, B1 dan C.

Selain itu lanjutnya, beberapa penelitian menunjukkan, serat pangan sangat bermanfaat untuk memperlambat kecepatan pencernaan dalam usus sehingga aliran energi ke dalam tubuh menjadi tetap, memberikan perasaan kenyang yang lebih lama, membantu mengendalikan berat badan dengan memperlambat munculnya rasa lapar, mengurangi risiko penyakit jantung, serta mengikat lemak dan kolesterol.

Humas Fakultas MIPA UNY, Dedy Herdito mengatakan, pihaknya terus melakukan pendampingan terhadap hasil penelitian mahasiswa. Ke depan hasil penelitian semacam itu akan terus dikembangkan agar memiliki ekonomis tersendiri bagi mahasiswa.


Republika

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More