blog-indonesia.com

Minggu, 02 Januari 2011

Kemenkominfo Nilai Telekomunikasi Natal dan Tahun Baru Cukup Baik

JAKARTA--MICOM: Layanan telekomunikasi saat Natal dan Tahun Baru dinilai cukup baik.

"Kondisi layanan telekomunikasi pada saat suasana perayaan Natal 2010 sejauh monitoring dan evaluasi Kementerian Kominfo ternyata cukup baik kualitasnya, sehingga tugas dan tanggung jawab berikutnya adalah terhadap kewajiban untuk tetap menyediakan kualitas layanan telekomunikasi yang cukup baik pula di saat sekitar pergantian tahun baru 2011," kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Gatot S. Dewa Broto di Jakarta, Minggu (2/1).

Gatot Dewo Broto mengatakan, harapan Kementerian Kominfo agar layanan telekomunikasi dipastikan baik ternyata direspons secara positif oleh para penyelenggara telekomunikasi. Ia mencontohkan, PT Telkom yang secara khusus melakukan kesiapan untuk layanan TelkomFlexi, yaitu berupa peningkatan kualitas sinyal di lokasi wisata dan pusat-pusat kunjungan.

"PT Telkom melakukan penambahan repeater dan mobile BTS; penyediaan kapasitas SMS yang mampu melayani 14,8 juta SMS per jam; dan peningkatan bandwidth internet 3,2 Gbps untuk melayani penggunaan layanan data FlexiNet yang terus meningkat," katanya.

Demikian pula dengan PT Telkomsel yang juga telah menyiapkan seluruh elemen jaringan (ketersediaan jangkauan layanan, BTS, MSC, BSC, kapasitas inteligent network, kapasitas SMSC, kapasitas layanan BlackBerry, dan jaringan 3G/HSDPA/HSPA+).

Gatot menambahkan, berdasarkan laporan dari penyelenggara telekomunikasi dan dicek silang dengan hasil monitoring Kementerian Kominfo, maka data trafik telekomunikasi yang dilaporkan oleh PT Indosat adalah SMS mencapai 714 juta SMS (naik 165 persen dibanding saat pergantian tahun baru sebelumnya). Kenaikan trafik tertinggi di wilayah Jawa Timur dan Sulawesi, Maluku, dan Papua, serta pengiriman data mencapai 18,73 terrabyte.

Layanan suara mencapai 355 juta minutes production (naik 123 persen dibandingkan pergantian tahun baru sebelumnya). Trafik layanan suara tertinggi terjadi di Sumatera Bagian Selatan, Jawa Timur, dan Jabodetabek.

Ada pun data yang dilaporkan oleh PT XL Axiata adalah pada kondisi normal trafik layanan suara rata-rata sebanyak 600 juta menit. Pada pergantian tahun baru mengalami peningkatan sebesar tiga persen.

Untuk SMS trafiknya 650 juta SMS (namun di pergantian tahun naik sebanyak 16 persen) dan komunikasi data sebanyak 17 terabytes (namun di pergantian tahun baru naik sebanyak empat persen).

Data yang dilaporkan oleh PT Telkomsel adalah layanan suara, trafik naik sebesar 10 persen dibandingkan hari biasa di 2010. Layanan SMS via telepon seluler mengalami kenaikan sebesar 24,45 persen dibandingkan hari-hari biasa di 2010.

Trafik SMS yg diakses melalui mobile device mengalami kenaikan sebesar 19,96 persen. Layanan Blackberry mengalami penurunan trafik sebesar 8,28 persen. Demikian juga halnya dengan link internet, trafiknya menurun 27,89 persen. (Ant/OL-5)


MediaIndonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More