blog-indonesia.com

Jumat, 03 Desember 2010

Telkomsel Siap Hadapi Booming Komputer Tablet

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Jaringan Telkomsel siap menghadapi booming penggunaan komputer tablet seperti iPad. Mengantisipasi booming penggunaan komputer tablet serta peningkatan kenyamanan pelanggan, peningkatan kualitas akses internet terus dilakukan.

Vice President Telkomsel Area Jabitabek-Jabar, Venusiana Papasi mengungkapkan ke depan penggunaan komputer tablet seperti iPad akan menjadi tren. '' Saat ini belum terasa, karena peranti seperti iPad masih terbatas, harganya juga masih mahal,'' kata Venus.

Telkomsel sendiri, kata Venus, telah menjalin kerja sama dengan Apple untuk pemasaran dan program bundling. ''Dalam waktu dekat kita akan pasarkan iPad,'' kata venus. Juga telah disiapkan serangkaian program pendukung, seperti paket tarif unlimited untuk akses internet dan ketersediaan konten.

Selain Telkomsel, XL berencana melakukan langkah serupa menjalin kerja sama dengan Apple untuk pemasaran iPad. Selain iPad belakangan muncul aneka produk komputer tablet sejenis, baik produk Korea Selatan maupun Cina.

''Kita terus mengupayakan peningkatan kualitas internet di area Jabotabek dan Jabar,bukan karena ada iPad'' kata Venus. Peningkatan kualitas dilakukan semata-mata untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan layanan data dan akses internet.

Dari jumlah pelanggan, sekitar 50 persen dari total pelanggan layanan data dan internet Telkomsel berada di wilayah ini. Pelanggan layanan internet mobile, misalnya, mencapai sekitar 5 juta. Sekitar 2,5 juta adalah pelanggan Telkomsel di Jabotabek-Jabar, termasuk Banten.

Wilayah ini juga tercatat sebagai pelanggan terbesar untuk layanan Blackberry Internet Services (BIS). Dari total pelanggan yang diperkirakan mencapai 800-an ribu, sekitar 400 ribu adalah pelanggan di Jabotabek, Jabar dan Banten.

Tingginya jumlah pelanggan, membutuhkan dukungan jaringan dan infrastruktur yang memadai. venus yang belasan tahun menekuni jaringan menyebut dari sisi kapasitas tak ada masalah. '' Telkomsel memiliki bandwith yang besar, cukup untuk menghandle kebutuhan trafik komunikasi seluruh pelanggan,'' kata Venus.

Ia menunjuk frekuensi yang saat ini dimiliki Telkomsel yakni 7,5 Mhz GSM, 22,5 Mhz DCS dan 10 Mhz 3G. ''Frekuensi yang kami miliki jauh lebih besar dibandingkan dengan operator lain yang ada saat ini,'' katanya.

Infrastruktur Telkomsel juga memadai. ''Di Jabotabek-Jabar kami memiliki 2.000 node B atau BTS 3G,'' kata Venus memberi ilustrasi. Karena kapasitas yang dimiliki lebih dari cukup, maka fokus perhatian adalah peningkatan kualitas akses internet.


Republika

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More