blog-indonesia.com

Selasa, 21 Desember 2010

Microsoft Kembangkan Metode Ajar Guru di Cirebon

Jakarta (ANTARA News) – Microsoft Indonesia mengumumkan perluasan program Community Technology Center (CTC) dengan program Partners in Learning (PiL) untuk mendidik guru-guru di Babakan, Cirebon Timur, Jawa Barat, dalam pendidikan teknologi informasi.

Awalnya, program CTC merupakan program yang dirancang untuk membantu Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan keluarganya. Microsoft menyediakan dukungan pengembangan kemampuan teknologi informasi, pelatihan hardware dan software serta pengetahuan lain untuk membantu mereka mempelajari bagaimana menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi.

Program itu merupakan hasil kerjasama Microsoft dengan TIFA Foundation.

Tujuan dari pelatihan itu adalah untuk memberikan pelatihan komputer kepada guru-guru yang diharapkan dapat memudahkan mereka untuk melaksanakan tugas-tugas mengajar dengan mengoptimalkan perangkat teknologi informasi.

Pada tahap awal 60 guru yang berasal dari 15 sekolah di kecamatan Pabuaran, Kabupaten Cirebon Timur, mengikuti program pelatihan tersebut. Untuk jangka panjangnya, program ini diharapkan bisa mengubah metode pengajaran tradisional dan guru-guru bisa membantu mempersiapkan siswa menyongsong masa depan.

Perluasan program CTC dengan PiL diharapkan dapat menjadi sarana bagi guru-guru di kawasan ini untuk mulai dapat memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar seperti guru-guru lain yang telah terlebih dahulu berpartisipasi dengan program PiL.

Dalam melaksanakan program pelatihan TI kepada guru-guru di Babakan Cirebon tersebut, Microsoft bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Departemen Pendidikan Nasional setempat untuk mendorong guru-guru terlibat dalam pelatihan TI dengan tujuan untuk lebih meningkatkan kualitas proses belajar- mengajar.

"Komputer bagi sebagian besar masyarakat di Babakan Cirebon termasuk guru-guru dan siswa masih terlalu mahal untuk dijangkau," kata Tricia Iskandar, Community Affairs & Citizenship Manager, Microsoft Indonesia, dalam siaran pers.

"CTC akan terus berperan dan bekerjasama dengan PIL dalam rangka membantu menyediakan akses kepada teknologi dan meningkatkan kemampuan guru-guru dalam TI seperti di Babakan Cirebon ini," tambah Tricia.

Program Partners in Learning diluncurkan secara global pada bulan September 2003. Program itu sebagai komitmen Microsoft terkait dengan pentingnya pendidikan teknologi di sekolah-sekolah.

Dalam pelaksanaannya PiL diimplementasikan melalui kerjasama dengan instansi pemerintah, swasta dan organisasi non-pemerintah di setiap negara, sehingga dapat menjamin program tersebut memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

Pelatihan TI bagi guru-guru dilangsungkan di SMK Al Jilani dengan menggunakan fasilitas computer CTC Babakan Cirebon. CTC Babakan Cirebon merupakan salah satu dari 10 CTC yang didirikan TIFA Foundation bekerjasama dengan Microsoft.

Program kerjasama ini menambah nilai tambah CTC Babakan Cirebon sebagai CTC yang kreatif dan lembaga pendidikan luar sekolah yang terakreditasi.(ENY/S026)


ANTARAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More