blog-indonesia.com

Selasa, 07 Desember 2010

MENKOMINFO BANGUN DESA INFORMASI DI PEDALAMAN KALBAR

Pontianak, 6/12/2010 (Kominfo-Newsroom) Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Tifatul Sembiring, akan memimpin kegiatan pencanangan dan peresmian Desa Informasi di Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, pada Sabtu, 11 desember 2010. Desa tersebut berbatasan langsung dengan Serawak Malaysia.

Menurut anggota DPRD Kabupaten Bengkayang, Maryadi, Desa Informasi diharapkan mampu mengimbangi informasi yang disampaikan oleh media negara tetangga karena selama ini masyarakat perbatasan lebih dominan mendapat informasi dari radio maupun televisi Malaysia.

“Masyarakat perbatasan perlu diberikan informasi yang benar tentang negaranya sendiri karena hanya sebagian kecil masyarakat perbatasan yang mampu secara ekonomi membeli parabola, sementara parabola diperlukan agar bisa menangkap siaran televisi dari Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan komunikasi berbasis masyarakat diperlukan agar masyarakat merasa memiliki dan bisa membantu penyebarluasan informasi. “Penyebaran informasi kepada masyarakat paling tepat dilakukan agar bisa membendung pengaruh dari negara lain,” ucapnya.

Oleh sebab itu, Desa Informasi diharapkan mampu menjadi sarana sosialisasi berita positif kepada masyarakat perbatasan di daerah terpencil untuk menghindari pengaruh pola pikir masyarakat yang selama ini tidak bisa menangkap siaran radio maupun televisi dari Indonesia.

Ia pun menghimbau agar Pemerintah Pusat bekerja sama dengan Pemerintah Daerah untuk menyediakan dana operasional yang dibutuhkan terkait Desa Informasi termasuk menghindari terjadinya kondisi dimana sarana dan prasarana tidak dapat berfungsi akibat kurangnya dana operasional.

Di lain pihak, Kepala Desa Jagoi, Kecamatan Jagoi Babang, Markus Mijem, mengatakan bahwa pihaknya sangat menyambut baik peresmian Desa Informasi di kawasan perbatasan. “Masyarakat perbatasan sudah bersiap menyambut Menkominfo beserta rombongan untuk meresmikan Desa Informasi di Jagoi Babang,” jelasnya.

Pimpinan Radio Baresta, yang merupakan radio komunitas perbatasan juga berharap Desa Informasi mampu menjadi jembatan penyampaian informasi kepada masyarakat perbatasan.

Sejumlah tarian daerah akan dipersembahkan guna memeriahkan acara tersebut dan hasil kerajinan masyarakat perbatasan akan ditampilkan dalam kegiatan peresmian tersebut. (MC Pontianak/Sofia/rm)


Bipnewsroom

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More