blog-indonesia.com

Senin, 27 Desember 2010

Kominfo Tak Ingin Tragedi Tahun Baru 2007 Terulang

Ilustrasi (Ist.)

Jakarta - Para penyelenggara telekomunikasi diminta untuk terus waspada sampai pergantian tahun 2010 berakhir. Kementerian Komunikasi dan Informatika (kominfo) pun tak ingin tragedi di pergantian tahun 2006 ke 2007 terulang kembali.

Saat itu, jaringan operator seluler terbesar di Indonesia -- Telkomsel -- mengalami gangguan cukup fatal sehingga tidak berfungsi secara normal karena terjadi kelebihan kapasitas (overload) pada sistem sentral Intelligent Network (IN).

Hal itu, menurut Kepala Humas dan Pusat Informasi Kominfo Gatot S. Dewa Broto, terjadi karena tingginya trafik di sore menjelang malam tahun baru 2007.

"Akibatnya, cukup banyak pelanggan yang tidak dapat melakukan panggilan keluar, pengiriman SMS serta pengisian ulang/pengecekan pulsa," tukas Gatot dalam keterangannya, Senin (27/12/2010).

Nah, jika memori kelam ini terulang saat puncak tahun baru 2011 ataupun dalam kondisi normal sekalipun dan terbukti merupakan kesalahan dan atau kelalaian penyelenggara telekomunikasi, maka Kominfo pun telah menyiapkan hukumannya dengan mengacu pada UU No. 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi, khususnya Pasal 15.

Pasal itu menyebutkan, atas kesalahan dan atau kelalaian penyelenggara telekomunikasi yang menimbulkan kerugian, maka pihak-pihak yang dirugikan berhak mengajukan tuntutan ganti rugi kepada penyelenggara telekomunikasi.

Kemudian, penyelenggara telekomunikasi wajib memberikan ganti rugi sebagaimana dimaksud pada ayat (1), kecuali penyelenggara telekomunikasi dapat membuktikan bahwa kerugian tersebut bukan diakibatkan oleh kesalahan dan atau kelalaiannya.

Maka dari itu, meski saat perayaan Natal kondisi layanan telekomunikasi terbilang lancar, bukan berarti tugas dan tanggung jawab para operator lantas berhenti. Sebab mereka masih harus waspada sampai pergantian tahun.

"Dalam suasana tersebut diperkirakan lonjakan trafik penggunaan telepon, pengiriman SMS dan penggunaan internet akan mengalami peningkatan meskipun tidak setinggi seperti Lebaran," Gatot menandaskan.( ash / rns )


detikInet

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More