blog-indonesia.com

Rabu, 15 Desember 2010

Klungbot, Si Robot Pemain Angklung

TEMPO Interaktif, Bandung - Seorang dosen Institut Teknologi Bandung menawarkan cara baru untuk menikmati musik angklung. Eko Mursito Budi, dosen Teknik Fisika itu, membuat robot yang dinamai Klungbot. Ia bisa memainkan lagu apa saja dengan angklung.

Klungbot, kata Eko, berfungsi sebagai pemain angklung. Gerakannya sesuai perintah konduktor yang diwakili oleh program berbasis Java. Isi program itu berupa notasi dari partitur asli lagu-lagu yang diinginkan penggunanya. “Lagu apa saja bisa, tapi sementara ini nada angklungnya masih terbatas satu oktaf,” katanya kepada Tempo di sela pameran Forum Inovasi Indonesia di Aula Timur ITB, 14-15 Desember.

Tangan robot dibuat dari batang besi pendek yang ujungnya dijepitkan di bagian bawah pegangan samping setiap angklung. Tangan itu tersambung ke motor penggerak dan mikroprosesor sebagai otak robot. Begitu program lagu diklik, setiap angklung akan bergetar bergantian sesuai nadanya.Menurut Eko, Klungbot bisa mencapai 120 ketukan dan memainkan lagu sepanjang 60 ribu nada.

Klungbot ini, kata Eko, merupakan hasil pengembangannya bersama Fariza Dian Prasetyo dari versi awal yang dikerjakan oleh anak-anaknya, Karismanto Rahmandika yang kini duduk di kelas 3 SMPN 14 Bandung, dan Krisna Diastama pelajar SD Islam Ibnu Sina Bandung. Keduanya pernah mengusung karya itu di ajang National Young Inventor Award 2010 yang diselenggarakan LIPI.

Dosen berusia 42 tahun itu sebelumnya pernah mencoba robot pemain drum dan suling dari botol. "Tapi angklung lebih asyik karena mainnya digetarkan,” katanya.[ANWAR SISWADI]


TEMPOInteraktif

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More