blog-indonesia.com

Kamis, 09 Desember 2010

Kemenhub Persiapkan Monitoring Sebagai Antisipasi Libur Akhir Tahun

Jakarta, 8/12/2010 (Kominfo-Newsroom) Dirjen Perhubungan Darat Suroyo Ali Muso mengatakan guna mengantisipasi liburan akhir tahun, Kementerian Perhubungan akan melakukan monitoring dari tanggal 18 Desember sampai 8 Januari 2011.

“Akhir tahun ini, prediksi jumlah penumpang moda angkutan jalan akan mengalami kenaikan 7,62 persen dibanding 2009 yaitu dari 2.358.495 penumpang menjadi 2.538.274 penumpang,” kata Dirjen Perhubungan Darat Suroyo Ali Muso saat RDP dengan Komisi V di Gedung DPR RI Jakarta, Rabu (8/12).

Untuk angkutan jalan, titik berat yang akan dipantau adalah Pulau Jawa, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Bali, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Papua dan Papua Barat. Angkutan laut akan dipantau di 52 pelabuhan, angkutan udara dalam negeri di 23 bandara dan angkutan luar negeri di empat bandara yaitu Jakarta, Surabaya, Makassar dan Denpasar.

Sedang angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) mengalami kenaikan 5 persen, penumpang kereta api naik 1,5 persen, penumpang angkutan udara naik 17,95 persen dan angkutan laut naik 10 persen.

Guna mengantisipasi lonjakan penumpang ini, kata Suroyo, pihaknya telah mempersiapkan berbagai sarana moda dengan mengerahkan bus 34.395 bus, angkutan ASDP 101 kapal, angkutan laut 90 kapal, angkutan udara 275 kapal dan angkutan kereta api 213 KA.

“Jumlah yang disediakan masing-masing moda semua mengalami kenaikan dan yang terbesar moda angkutan udara yakni 21,68 persen,” jelasnya.

Mengantisipasi liburan Natal dan Tahun Baru ini, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Perhubungan, instansi dan institusi terkait lainnya.

Dalam memudahkan koordinasi dan komunikasi di lapangan diperlengkapi dengan fasilitas sistem informasi dan komunikasi. Setiap posko menggunakan radio trunking, handy-talky, handphone, telepon/facsimile.

Untuk pemantauan statis juga dilakukan pemasangan CCTV, untuk moda jalan dipasang di 22 lokasi jalan nasional dan jalan provinsi, tujuh lokasi di jalan tol dan enam lokasi di ASDP yaitu di Merak, Bakauheuni, Ujung, Kamal dan Ketapang, Gilimanuk. (T.wd/rm)


Bipnewsroom

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More