blog-indonesia.com

Selasa, 28 Desember 2010

Jelang Tahun Baru, Indosat dan TelkomFlexi Tingkatkan Kapasitas Jaringan

BTS (Base Transceiver Station) Indosat. TEMPO/Dinul Mubarok

TEMPO Interaktif, Jakarta - Mendekati puncak pergantian tahun 2011, PT Indosat Tbk meningkatkan kapasitas jaringannya, terutama di wilayah Jabotabek dan kota-kota lain yang menjadi pusat perayaan tahun baru.

Indosat menyiapkan kapasitas jaringan dan penerapan Single Newtwork Operation Centre (SNOC) yang baru dan pengoperasian command center pantauan kondisi jaringan yang terintegrasi. "Untuk kapasitas trafik suara kami tingkatkan hingga 17 persen dibanding tahun baru 2009 dan sms 100 persen," ujar Djarot Handoko, Division Head Public Relations Indosat dalam siaran persnya hari ini.

Djarot mengatakan untuk menyiapkan koneksi data menjadi tren saat ini, Indosat meningkatkan layanan data hingga 17,1 Gbps untuk volume data lebih dari 100 terabita per hari. Dengan kapasitas tersebut, Indosat mengharapkan konsumen tetap bisa berinternet dengan lancar dan nyaman.

Berkaca pada pengalaman sebelumnya, lalu lintas komunikasi pada Natal dan tahun baru meningkat signifikan. Pada Natal lalu, trafik pesan pendek meningkat menjadi 647,44 juta sms dibanding waktu yang sama tahun 2009. Djarot mengklaim keberhasilan pengiriman mencapai 90 persen. Kenaikan pengiriman pesan pendek ini terjadi di Jawa Timur, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Sedangkan untuk trafik voice mengalami kenaikan menjadi 335 juta menit. Kenaikan tertinggi trafik voice terjadi di Sumatera Bagian Selatan, Jabotabek, Banten dan Jawa Timur. Untuk trafik data justru kenaikan tertinggi pada H-1 Natal mencapai 21,69 terabita atau naik 7 persen dibanding hari yang sama tahun lalu. Djarot mengakui tak ada permasalahan berarti dalam koneksi data di jaringan Indosat.

Selain itu, Indosat juga menyediakan layanan nada sambung dengan lagu-lagu natal. Indosat menggandeng beberapa label musik menyediakan lagu-lagu untuk konsumennya menyambut natal dan tahun baru.

Selain Indosat, PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk juga meningkatkan kapasitasnya jelang pergantian tahun baru nanti. “Sebanyak 5650 BTS TelkomFlexi siap mengantisipasi kenaikan trafik,” ujar Executive General Manager Divisi Telkom Flexi, Triana Mulyatsa.

Triana mengatakan TelkomFlexi telah menyiapkan 3,2 juta nomor Flexi combo untuk pelanggan yang berpergian di luar kode areanya. Peningkatan kualitas sinyal dan kapasitas juga dilakukan di beberapa lokasi wisata dan tempat di lokasi yang akan jadi pusat kunjungan. "Kami memperkuat penambahan repeater dan mobile BTS," ujar Triana.

Untuk internet, TelkomFlexi menyediakan lima koneksi internet gateway di Medan, Jakarta, Semarang, Surabaya dan Banjarmasin dengan total kapasitas bandwidth sebesar 3,2 Gbps. Animo untuk Koneksi internet, kata Triana, makin hari makin besar. Kenaikan trafik setiap hari mencapai 2 Mbps. Saat ini pengguna layanan FlexiNet mencapai 400 ribu pengguna.[DIAN YULIASTUTI]


TEMPOInteraktif

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More