blog-indonesia.com

Jumat, 10 Desember 2010

Indoleaks, 'Wikileaksnya' Indonesia

Jakarta - Setelah jagad dunia maya dihebohkan dengan Wikileaks yang membocorkan ribuan kawat diplomatik milik pemerintah Amerika Serikat (AS), kini Indonesia juga memiliki situs sejenis. Namanya Indoleaks, situs ini pun siap mengumbar dokumen rahasia terkait peristiwa yang terjadi di Indonesia.

Dalam situsnya, pengelola Indoleaks mengaku muncul sebagai jawaban atas kebuntuan informasi. Terutama informasi yang berpeluang menjadi bumerang bagi penguasa, politisi dan kaum jahat lainnya di Indonesia.

"Indoleaks berusaha memilah dan memilih dokumen yang seharusnya diketahui publik, dari ratusan koleksi Indoleaks. Kami akan terus mendobrak kebuntuan informasi, dengan mempublikasikan hak kita yang bernama informasi," tulisnya.

"Bagi kami, diamnya orang tertindas, lebih hina dari penindas itu sendiri. Mari kita bersuara. Mendobrak kebuntuan informasi," mereka menegaskan, seperti dikutip detikINET, Jumat (10/12/2010).

Sebagai media yang mengusung kebebasan informasi, Indoleaks mengaku siap membeberkan semua dokumen yang dianggap memiliki kepentingan publik, misalnya beberapa penyelewengan dari instansi tertentu yang diduga sengaja disembunyikan dari publik.

Pengunjung juga dikatakan bisa berkontribusi dalam membeberkan informasi yang terbilang 'rahasia' lewat saluran ini. Hanya saja mereka memiliki beberapa ketentuan yakni:

  • Dokumen harus ORISINIL, tanpa ada opini pengirim di dalamnya.
  • Indoleaks.org akan menyebutkan sumber dokumen adalah ANONIM.
  • Dokumen yang dipublikasikan adalah dokumen yang MEMILIKI kepentingan publik.
  • Indoleaks.org TIDAK akan mempublikasikan informasi yang terkait dengan rekening bank, medical record, dan rahasia pribadi lainnya.
  • Indoleaks.org TIDAK bertanggung jawab atas penggunaan dokumen yang dipublikasikan.

"Semua dokumen di Indoleaks, kami sajikan secara verbatim. Apa adanya. Dan, tentu saja, masih orisinil dari tangan pertama," pungkasnya.

Apa saja yang dibocorkan Indoleaks? Tunggu berita selanjutnya!( ash / ash )


detikInet

Indoleaks Tidak Bisa Diakses

Jakarta - Baru juga mengudara, situs Indoleaks yang mengklaim bakal mengumbar dokumen-dokumen rahasia terkait peristiwa di Indonesia sudah tidak bisa diakses. Ada apa gerangan?

Kemungkinan, situs yang disebut-sebut mirip Wikileaks namun bercitarasa lokal ini tak kuat menahan banyaknya pengakses. Pasalnya, ketika baru muncul, situs ini sudah cukup memikat perhatian pengguna internet Indonesia. Nama Indoleaks jadi pembicaraan di jejaring sosial.

Nah, lantaran rasa penasaran yang besar dari pengguna internet Tanah Air inilah yang bisa jadi penyebab tumbangnya Indoleaks. Mereka tak kuat menahan serbuan pengunjung atau bisa juga ada suatu lembaga tertentu yang meminta situs tersebut untuk segera ditutup.

Tak bisa diaksesnya situs yang beralamat di www.indoleaks.org ini diketahui detikINET pada Jumat (10/12/2010) siang. Padahal, lahirnya situs ini juga masih dalam hitungan jam. Namun beberapa akses internet tertentu ternyata masih bisa mengakses Indoleaks.

"Not Found. The requested URL / was not found on this server. Additionally, a 404 Not Found error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request," tulis pesan yang terpampang di halaman situs Indoleaks.

Sebelumnya, pengelola Indoleaks mengaku muncul sebagai jawaban atas kebuntuan informasi. Terutama informasi yang berpeluang menjadi bumerang bagi penguasa, politisi dan kaum jahat lainnya di Indonesia.

"Indoleaks berusaha memilah dan memilih dokumen yang seharusnya diketahui publik, dari ratusan koleksi Indoleaks. Kami akan terus mendobrak kebuntuan informasi, dengan mempublikasikan hak kita yang bernama informasi," tulisnya.

"Bagi kami, diamnya orang tertindas, lebih hina dari penindas itu sendiri. Mari kita bersuara. Mendobrak kebuntuan informasi," mereka menegaskan, seperti dikutip detikINET dari situsnya, Jumat (10/12/2010). ( ash / wsh )


detikInet

2 komentar:

kenapa ngga pake nama HANTULEAK aja ..

smoga ada manfaatnya buat kemajuan bangsa .. trima kasih telah mengunjungi blog ini

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More