blog-indonesia.com

Selasa, 21 Desember 2010

Hari Ini, Indonesia Alami Gerhana Bulan Total

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG – Siang ini (21/12) Indonesia mengalami gerhana bulan total. Gerhana berlangsung sejak pukul 12.29 WIB, dan gerhana total terjadi pada 14.41 WIB.

“Gerhana total ini akan berakhir pukul 15.53 WIB. Gerhana sebagian berakhir pukul 17.01 WIB, dan gerhana penumbra berakhir pukul 18.05,” kata Moedji Raharto dari Kelompok Keahlian Astronomi FMIPA ITB kepada Republika, Selasa (21/12).

Gerhana ini terdiri dari fase penumbra dan umbra. Penumbra adalah peristiwa masuknya bulan ke dalam bayangan bumi yang menyebabkan kecemerlangan bulan akan nampak berkurang. Sedangkan umbra ditandai dengan perubahan bentuk bulan dari purnama menjadi sabit. Warna bulan pada Gerhana umbra ini akan menjadi kemerahan.

Menurut Moedji, gerhana yang tidak berbarengan itu membuat beberapa daerah juga berbeda dalam mengetahui gerhana tersebut. Di Indonesia bagian barat dan sebagian Indonesia tengah, kata dia, gerhana umbra sudah selesai pada saat bulan terbit. Sebagian Jawa dan Kalimantan masih bisa menyaksikan momen akhir gerhana penumbra.

“Bulan terbit sekitar waktu Maghrib waktu setempat. Jadi Shalat Gerhana dilaksanakan antara Maghrib dan Isya atau setelah Shalat Maghrib,’’ kata Moedji.

“Di Sumatera saat bulan terbit, gerhana penumbra sudah berakhir. Di Papua saat bulan terbit, gerhana bulan total sudah selesai, momen akhir gerhana Bulan Sebagian masih bisa diamati hingga akhir gerhana penumbra,” jelas dia. Meski demikian, secara umum, Indonesia akan menyaksikan gerhana dari sejak bulan terbit hingga momen akhir gerhana.


Republika

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More