blog-indonesia.com

Kamis, 09 Desember 2010

CTC Sediakan Akses TI Bagi SMK di Cirebon

Ilustrsai

JAKARTA - Sejak awal Juli 2010 silam, siswa-siswi SMK Aljilani, di kawasan pinggir kota Cirebon Timur layak bergembira. Setiap murid di sekolah menengah kejuruan tersebut bisa langsung menjajal komputer saat mengikuti mata pelajaran Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI).

Sebelumnya, layaknya sebagian besarsekolah lain di Indonesia, komputer masih merupakan sesuatu ‘tak terjangkau’ bagi mereka. Lihat saja, data dari Departemen Pendidikan Nasional mengungkapkan saat ini terdapat sekitar 293.419 sekolah mulai tingkat sekolah dasar hinggasekolah menengah atas di seluruh Indonesia dengan jumlah siswa mencapai lebih dari 51juta dan guru mencapai 3,31 juta guru.

Sementara untuk komputer saat ini perbandingannya adalah 1 komputer digunakan oleh 1000 pengguna di sekolah. Padahal, suka atau tidak, pengetahuan akan komputer telah menjadi keharusan menghadapi era digital.

Komputer juga merupakan salah satu sarana yang dapat membantu memperluas cakrawala dan pengetahuan, tidak saja untuk siswa, namun juga bagi guru sebagai pengajar di sekolah termasuk untuk guru dan murid-murid SMK Aljilaniyang berada di kecamatan Babakan, Cirebon Timur, salah satu kawasan basis Tenaga Kerja Indonesia (TKI) terbesar di Indonesia.

Karena itu, saat ada tawaran kerjasama dengan program Community Technology Center (CTC) di Cirebon yang merupakan hasil kerjasama antara Microsoft dan TIFA Foundation dengan segera SMK Aljilani meresponnya.

Melalui penandatangan nota kesepahaman pada Juli 2010 silam, kini SMK Al Jilani bisa menyediakan sarana komputer bagi siswa-siswanya.

Menurut Warmin, Spd, Kepala Sekolah SMK Aljilani pihaknya sangat berterima kasih kepada Microsoft dan TIFA Foundation yang telah membantu menyediakan sarana dan prasarana komputer untuk mendukung pendidikan bagi siswa-siswi SMK Aljilani.

“Berkat program CTC ini seluruh siswa SMK Aljilani akan memiliki akses untuk menggunakan fasilitas komputer dan dukungan trainer yang dimiliki CTC.Kerjasama ini merupakan langkah penting dalam upaya kami untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMK Al jilani dan akses terhadap teknologi informasi bagi seluruh siswa dan guru,” tambah Warmin.

Tersedianya fasilitas komputer dan trainer berpengalaman dari CTC diharapkan bisa membekali siswa-siswi untuk mampu beradaptasi dengan dunia kerja dan perkembangan dunia, juga pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi serta menyesuaikan diri dalam kehidupan global.

Selain itu, berkat kemampuannya menyediakan sarana dan prasarana komputer bagi para siswanya menjadi bekal penting bagi SMK Aljilani untuk mendapatkan pengakuan dari Departemen Pendidikan Nasional sebagai salah satu SMK di Cirebon yang berhak menyandang Akreditasi 2010.

Tricia Iskandar, Community Affairs & Citizenship Manager, Microsoft Indonesia mengharapkan tersedianya sarana dan prasarana komputer melalui program CTC ini dapat memberikan motivasi siswa-siswi SMK Aljilani untuk lebih giat belajar terutama dalam pelajaran KKPI.
(tyo)


Okezone

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More