blog-indonesia.com

Jumat, 05 November 2010

UI Juara Matematika dan Kimia

Depok (ANTARA News) - Universitas Indonesia (UI) meraih dua gelar juara dalam bidang matematika dan kimia dalam Olimpiade Sosial Nasional Perguruan Tinggi Indonesia (OSN PTI).

"Untuk bidang matematika diraih oleh Stefi Rahmawati, dan bidang kimia diraih oleh Abi Sofyan," kata Kepala Kantor Kumnikasi UI, Vishnu Juwono, di Depok, Jumat.

Selain itu, kata Vishnu, UI juga meraih juara dua untuk bidang fisika yang diraih oleh Syahril, dan Winna Soleha juara ketiga untuk bidang biologi.

Sementara juara pertama bidang fisika diraih oleh Panji Achmari (ITB), dan juara bidang biologi oleh Imam Bagus Nugroho (UGM).

Para juara 1, 2 dan 3 untuk masing-masing bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi yang akan membawa pulang uang tunai, Juara I sebesar Rp 10 Juta, Juara II sebesar Rp 8,5 Juta dan Juara III sebesar Rp 6,5 Juta.

"Hadiah tersebut di luar hadiah uang yang telah diraihnya pada saat lolos menjadi pemenang tingkat provinsi," katanya.

OSN-PTI merupakan ajang paling bergengsi untuk uji kemampuan mahasiswa dalam bidang sains untuk mahasiswa Perguruan Tinggi, baik Negeri maupun Swasta di 33 provinsi di seluruh Indonesia dengan total hadiah kurang lebih Rp2 miliar sebagai bentuk komitmen Pertamina dalam bidang pendidikan.

"Bidang-bidang yang diperlombakan pada tahun 2010, yaitu Matematika, Fisika, Kimia dengan bidang Biologi yang tahun ini ikut diperlombakan," katanya.

Sebelumnya untuk tingkat provinsi DKI Jakarta, mahasiswa UI menjuarai empat Bidang tersebut yaitu Matematika sebagai juara pertama yang di raih Stefi Rahmawati, bidang Fisika oleh Hafidz Noor Rhaseed, bidang Kimia diraih Abi Sofyan Ghifari, sedangkan bidang Biologi diraih oleh Winna Soleha,

Vice President Corporate Communications PT Pertamina (Persero) Mochamad Harun memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para peserta OSN PTI dan akan terus memacu para mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi karena OSN PTI merupakan ajang mempersiapkan diri untuk berkompetisi di dunia yang sesungguhnya yaitu di dunia nyata yang penuh dengan kompetisi.

Ia mengatakan, seluruh peserta OSN-PTI diharapkan dapat memacu dirinya untuk berprestasi lebih baik lagi di masa mendatang, dengan demikian setiap generasi muda memiliki peranan penting untuk membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih maju dan kompetitif sehingga akan lahir para ilmuwan dan insinyur Indonesia yang handal serta dapat membawa Indonesia menjadi bangsa yang maju dan terpandang. (F006/F002)



ANTARAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More