blog-indonesia.com

Minggu, 07 November 2010

PVMBG Sangkal Hoax Yogyakarta-Jateng Lenyap

INILAH.COM, Jakarta Beredar pesan di BlackBerry Messenger (BBM) mengabarkan Yogyakarta dan Jawa Tengah akan lenyap akibat letusan Merapi. Ahli mengatakan berita itu tidak benar.

Kepala Sub Bidang Pengamatan Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Dr Agus Budianto, mengatakan berita itu tidak benar. Beradasarkan monitoring yang dilakukan PVMBG, hal tesebut tidak akan terjadi, tegasnya.

Berita yang tersebar dalam BBM itu menyatakan hasil penelitian tim vulkanolog dunia menyebutkan pada malam ini akan terjadi letusan hebat di Merapi, bahkan letusan ini akan menyebabkan Yogyakarta dan Jawa Tengah lenyap dari peradaban.

Dalam pesan itu, ilmuwan juga menyebutkan kekuatan letusan itu memiliki Volcanic Explosivity Index (VEI) 4 dan berpotensi melenyapkan Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Selain itu, dalam pesan itu termuat kabar Anak Krakatau tumbuh besar akibat pengaktifan dapur magma dan status berubah menjadi siaga. Tidak benar, status Krakatau masih tetap Waspada, belum ada perubahan, sanggah Agus.

Berita yang tersebar melalui BBM ini adalah berita bohong atau Hoax. Jadi, masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan berita tersebut.


Inilah

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More