blog-indonesia.com

Selasa, 09 November 2010

Kolaborasi Video Cocok untuk Wilayah Indonesia

Telepresence (cisco)

Jakarta - Teknologi kolaborasi video bisa menciptakan ulang tempat kerja dengan mempertemukan beberapa orang sekaligus secara virtual. Selain bisa menghemat waktu dan biaya operasional, solusi ini juga diklaim ramah lingkungan karena berkuranganya emisi gas yang digunakan untuk perjalanan.

Nah menurut Cisco sebagai salah satu penyedia layanan berbasis jaringan internet, kolaborasi video atau telepresence sangat cocok diterapkan di Indonesia.

"Telepresence sangat berguna di Indonesia, mengingat negara ini terdiri dari kepulauan," ujar Sanjay Rohatgi, Managing Director Cisco Indonesia di Plaza Senayan, Selasa (9/11/2010).

Masalah bandwidth yang selama ini dikhawatirkan pun diklaim Cisco bukan suatu alasan untuk tidak beralih ke era telepresence.

"Kalau bandwidth lokal saya rasa tidak ada masalah, mungkin bandwidth internasional yang perlu diperhatikan," tambah Sanjay kepada sejumlah wartawan.

Jika menilik hasil studi yang dilakukan oleh Ipsos Mori mengenai kolaborasi video menunjukan bahwa, manfaat telepresence atau konfersi video tidak hanya menghemat biaya serta berkurangnya perjalanan, melainkan bisa meningkatkan kolaborasi kelompok dan meningkatkan daya saing.

Selain itu, 90 persen dari total 500 karyawan TI di 12 negara yang mengikuti survey tersebut menyimpulkan bahwa, penggunaan telepresence bisa menghemat satu hari kerja di setiap minggunya.( eno / wsh )


detikNet

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More