blog-indonesia.com

Minggu, 28 November 2010

Jambu Mete Dijadikan Bahan Baku Kosmetik

KUPANG--MICOM: Bupati Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ayub Titu Eki mengaku produktivitas jambu mete di wilayah itu sangat layak untuk dijadikan sebagai bahan baku kosmetik baik dari aspek kualitas maupun kuantitas.

Dia mengatakan hal itu menanggapi upaya negosiasi yang dilakukan oleh investor kosmetik asal Jakarta yang akan melakukan kerjasama pengirimian bahan baku jambu mete dari daerah tersebut.

"Pada prinsipnya, Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kupang siap melayani permintaan bahan baku jambu mete yang diminta oleh pengusaha kosmetik tersebut," kata Titu Eki di Kupang, Sabtu (27/11).

Dia mengatakan, produktivitas budidaya jambu mete hampir berada di semua lokasi di Kabupaten Kupang, sehingga diyakini akan sanggup memenuhi kebutuhan investor kosmetik dalam upaya peningkatan pendapatan dan mendorong tingkat ekonomi masyarakat di daerah tersebut.

Menurut Titu Eki, upaya kerja sama itu masih dalam proses penjajakan, namun yang pasti, investor kosmetik asal Jakarta itu sudah melakukan survey internal di lokasi itu dan menyatakan layak dari aspek kualitas dan ketersediaan stok bahannya.

"Hasil survey yang dilakukan oleh investor tersebut, menyatakan potensi jambu mete di Kabupaten Kupang layak. Itu kata mereka (investor)," kata Titu Eki.

Berdasarkan keinginan dan hasil kajian yang dilakukan oleh pihak investor tersebut, Pemerintah Kabupaten Kupang akan siap meladeninya, dan akan menyampaikan kepada masyarakat petani jambu mete untuk terus meningkatkan produktivitasnya demi memenuhi kebutuhan investor tersebut.

Memang secara resmi belum ada pembicaraan antara pemerintah dengan investor yang bersangkutan, namun kata Titu Eki, rencana ini merupakan harapan dan signal bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kupang untuk terpacu melakukan upaya peningkatan produktivitasnya.

Selama ini kata dia, hasil produksi buah serta biji jambu mete tidak dipasarkan secara baik dan teratur sehingga telah memberikan dampak putusasah masyarakat petani untuk meningkatkan produktivitasnya.

"Saya yakin jika kerja sama ini sudah jalan, maka akan memberikan semangat bagi para petani jambu mete di Kabupaten Kupang untuk meningkatkan produktivitasnya," kata Titu Eki. (Ant/ip/OL-05)


MediaIndonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More