blog-indonesia.com

Rabu, 13 Oktober 2010

Puspiptek Diusulkan Dikelola Swasta

Ketua Komite Inovasi Nasional Prof Dr Ir Zuhal (ANTARA/Maha Eka Swasta)

Tangerang (ANTARA News) - Komite Inovasi Nasional mengusulkan agar pengelolaan manajemen Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Indonesia (Puspiptek), Serpong, ditangani pihak swasta.

Ketua Komite Inovasi Nasional, Prof.Dr Zuhal di Tangerang, Selasa mengatakan usulan pemindahan pengelolaan dimaksudkan untuk peningkatan produk yang dihasilkan peneliti atau inovator oleh industri dari kalangan swasta.

"Kalau mau beli satu paku saja harus laporan ke Bappenas, maka akan sangat menghambat proses peningkatan produk yang dihasilkan peneliti. Karena, prosedurnya terlalu rumit," katanya.

Zuhal menuturkan, program yang ada saat ini harus diubah ke arah bisnis. Sehingga, produk yang telah dihasilkan para peneliti dapat menarik minat pengusaha industri untuk mengembangkannya.

"Banyak peneliti dari bidang Farmasi yang pergi ke luar negeri karena kesulitan mengembangkan hasil dari inovasi yang dilakukannnya," kata Zuhal.

Padahal, lanjut dia, Indonesia sangat kaya dengan peneliti yang ahli diberbagai bidang. Sehingga, berbagai masalah yang ada dapat diselesaikan tanpa berlarut-larut.

"Perlu dilakukan inovasi untuk meningkatkan hasil produk yang ada. Bila hanya seperti ini, maka akan sangat sulit berkembang," katanya dalam acara penhargaan 102 inovasi Indonesia 2010 dan Open House Puspiptek di Gedung Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Indonesia (Pupiptek), Serpong.(ANT/A038)



ANTARAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More