blog-indonesia.com

Senin, 18 Oktober 2010

PLTP Ulubelu Beroperasi 2012

JAKARTA--MICOPM: Program peningkatan pemanfaatan panas bumi berupa penyelesaian Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) berkapasitas 2x55 Megawatt (MW) di Ulubelu, Lampung, yang saat ini sudah pada tahap evaluasi harga. Rencananya, PLTP tersebut akan beroperasi pada akhir tahun 2012. Upaya ini dilakukan untuk mendorong pemanfaatan energi panas bumi di Tanah Air.

Hal ini disampaikan oleh Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Informasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), Kardaya, Jumat (15/10). PLTP Ulubelu merupakan salah satu proyek yang dikejar pemerintah dalam program peningkatan pemanfaatan panas bumi guna mendorong pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT).

"PLTP Ulubelu merupakan salah satu proyek yang didorong pemerintah untuk menaikkan pemanfaatan panas bumi agar pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) dapat dimaksimalkan. Pembangkit ini sekarang sudah dalam tahap evaluasi harga, tunggu saja hasilnya," jelasnya.

Beroperasinya PLTU berkapasitas total 110 MW ini dibenarkan oleh Manajer Komunikasi Pertamina Geothermal Energy (PGE) Adiatma Sardjito. Ia mengungkapkan harga jual uap juga telah disepakati antara PLN dan PGE dengan harga 4,2 sen dolar per kilowatt hour (kwh).

"PLTP Ulubelu akan beroperasi pada akhir 2012. Saat ini untuk pembangunan proyek tersebut sedang dalam proses Engineering, Procurement, Construction (EPC)," paparnya.

Selain PLTP Ulubelu dalam rencana kerja KESDM, terdapat beberapa proyek PLTP lain yang dimasukan dalam target peningkatan pemanfaatan panas bumi yaitu PLTP Lahendong (Sulawesi Utara) yang saat ini dalam tahap pekerjaan fasilitas, penyelesaian PLTP Sarulla (sumatera Utara) sedang dalam tahap verifikasi oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKB) serta PLTP Ulumbu (NTT) dengan kapasitas 5 MW yang sedang dalam disain ulang.

Selama periode kerja satu tahun Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, menurut Kardaya, yakni pencapaian di bidang Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) selain peningkatan pemanfaatan panas bumi yaitu melaksanakan program peningkatan EBT untuk tenaga listrik, biogas, dan bahan bakar nabati serta terbentuknya Ditjen EBTKE. (OL-3)


Mediaindonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More